7 Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah dengan Mudah

Anggi Mardiana
17 November 2022, 11:28
cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah
Freepik
Ilustrasi, menabung.

Cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah penting diketahui dan diajarkan sejak dini. Ketika belajar menabung anak bisa dimotivasi bahwa ia bisa membeli kebutuhannya sendiri tanpa minta langsung ke orang tua. Dari sini anak bisa mulai terbiasa untuk mandiri.

Memperkenalkan pengelolaan keuangan dengan baik kepada anak cukup membantu baginya dalam membentuk kebiasaan diri mengatur uang. Bisa gunakan teknik menabung sederhana untuk mencapai keinginan di kemudian hari.

Tips Mengajari Anak Menabung

Sebelum membahas cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah, bagi orang tua bisa coba beberapa tips mengajari anak menabung terlebih dahulu agar lebih semangat. Berikut 4 tips yang kami lansir dari asumsi.co:

1. Membeli Celengan

Cara pertama bisa dilakukan dengan membeli celengan yang tidak mudah dibuka, misalnya membeli celengan dari tanah liat. Bisa juga membeli beragam celengan dengan bentuk menarik sehingga tertarik untuk terus mengisinya.

2. Memberi Hadiah

Memberikan hadiah atau bonus kepada anak juga bisa menumbuhkan semangat agar terus mencapai target. Karena anak pada umumnya terbilang senang dimotivasi dengan hadiah. Tidak harus mahal yang terpenting menarik bagi anak.

3. Ceritakan Kisah Orang Sukses yang Rajin Menabung

Mengajarkan anak akan pentingnya menabung bisa dilakukan dengan meningkatkan pemahaman anak melalui kisah orang sukses. Misalnya cerita tentang sebuah keluarga yang berhasil membeli pesawat pribadi karena rajin menabung.

4. Mengenalkan Konsep antara Kebutuhan dan Keinginan

Menanamkan perilaku gemar menabung juga bisa dilakukan dengan mengenalkan konsep antara kebutuhan dan keinginan. Dari sini, anak akan berpikir ulang tentang mana yang harus dibeli dan tidak dibeli agar uangnya bisa disimpan.

Cara Menabung 1 Juta per Bulan untuk Anak Sekolah

Menabung sejak dini akan membentuk kebiasaan baik di masa depan. Adapun berikut cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah:

1. Memiliki Rekening untuk Pelajar

Saat ini sudah banyak bank yang memberikan fasilitas rekening khusus untuk pelajar. Dengan menyimpan uang langsung di rekening khusus maka akan terdorong untuk terus menyetorkan saldo ke rekening. Setoran awalnya juga relatif terjangkau yaitu hanya dimulai Rp 5.000 saja.

2. Menyisihkan Uang Jajan

Menyisihkan uang jajan merupakan salah satu cara menabung 1 juta per bulan untuk anak sekolah yang bisa dilakukan oleh semua pelajar. Meski tidak mudah tapi bisa coba dibiasakan dengan menyisihkan uang setiap minggunya dan membuat rencana pengeluaran per minggu.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...