Memahami Makna Sila Ke 4 Beserta Penerapannya dalam Kehidupan

Annisa Fianni Sisma
12 Desember 2022, 16:26
Makna Sila Ke 4 Pancasila
FREEPIK
Garuda Pancasila

Pancasila memiliki makna yang berbeda setiap masing-masing sila. Namun, makna-makna tersebut saling berkaitan satu sama lain. Salah satu pembahasan menarik terkait hal tersebut yakni makna sila ke 4 Pancasila.

Makna sila ke 4 berkaitan erat dengan adanya musyawarah, mufakat, kerakyatan, dan lain sebagianya. Hal ini pun wajib dipahami oleh masyarakat Indonesia karena Pancasila merupakan dasar negara.

Makna Sila Ke 4 Pancasila

Makna Pancasila sila ke 4 memiliki pengertian yang mampu memudahkan masyarakat untuk saling menghargai satu sama lain. Hal ini tentunya menjadi faktor penting dalam bersosialisasi. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini makna sila ke 4 Pancasila melansir situs resmi BPIP.

1. Negara Indonesia bukan negara yang didirikan hanya untuk satu golongan saja, melainkan untuk semua yang bertanah air Indonesia. Oleh karena itulah penyelenggaraan negara berdasarkan pada permusyawaratan perwakilan.

2. Negara Indonesia merupakan negara demokrasi yang mengakui dan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat. Perwujudannya yakni dengan mengutamakan prinsip permusyawaratan yang mampu mewujudkan kesejahteraan sosial.

3. Bangsa Indonesia wajib menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah. Penyikapan ini haruslah dilaksanakan dengan itikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksankan hasil keputusan musyawarah.

4. Bangsa Indonesia juga tidak mengenal adanya sistem diktator oleh kelompok atau pihak mayoritas dan tirani terhadap golongan minoritas.

Demikian penjelasan lengkap terkait empat poin makna sila ke 4 Pancasila. Selanjutnya dapat dipahami bahwa sila keempat Pancasila tersebut memiliki garis besar pemaknaan yakni Negara Indonesia adalah milik seluruh warga negaranya dengan sistem demokrasi dan menjunjung tinggi pemilihan keputusan dengan musyawarah. Indonesia menolak sistem diktator mayoritas dan tirani minoritas.

Butir Pengamalan Pancasila 

Selain penting memahami makna sila ke 4, penting juga untuk mendalami butir pengamalannya. Sebagai warga Indonesia, nilai-nilai Pancasila perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini butir pengamalan sila ke 4 Pancasila selengkapnya melansir dari BPIP.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...