Relawan Jokowi Batal Dukung Ganjar, Pertimbangkan Prabowo Jadi Capres

Ade Rosman
9 Februari 2023, 18:31
Relawan Jokowi Ganjar
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.
Sejumlah relawan membentangkan bendera Merah Putih dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu : Satu Komando Untuk Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Relawan Jokowi yang tergabung dalam Jokowi Mania atau Joman menarik dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden. Ketua Umum Joman Immanuel Ebenezer atau Noel mengatakan penarikan dukungan ditandai dengan dibubarkannya jaringan Ganjar Pranowo Mania pada Kamis (9/2).

Menurut Noel,  setelah tak lagi mendukung Ganjar, tak tertutup kemungkinan jaringan relawan akan mengalihkan dukungan kepada Prabowo Subianto. Dalam menentukan calon presiden yang akan didukung, Jokowi Mania mencari tokoh yang memiliki komitmen terhadap kebangsaan.

Noel juga menyatakan memilih calon presiden yang berpihak kepada demokrasi. Penentuan calon presiden yang didukung akan ditentukan dalam musyawarah di internal Joman. 

"Prabowo adalah sosok berintegritas dan punya totalitas," kata Noel kepada wartawan di Jakarta Selatan, Kamis (9/2).

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal Joman Akhmad Gojali Harahap mengatakan pembubaran GP Mania dikarenakan pihaknya menganggap tidak ada nilai lebih yang ditonjolkan Ganjar sebagai capres, dari segi gagasan maupun program. Gojali juga mengatakan Ganjar tidak mampu meyakinkan pendukungnya serta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tempat ia berkiprah untuk dijadikan sebagai bakal capres.

Menurut Gojali, tidak pastinya nasib Ganjar yang belum tentu akan maju dicalonkan sebagai capres menjadi salah satu faktor lainnya. Mengenai pembubaran GP Mania, Gojali mengatakan keputusan tersebut didapatkan berdasarkan rapat pengurus harian pada 24 Januari lalu dan  berlaku untuk seluruh organisasi GP Mania di tingkat DPP, DPD, DPC, PAC, maupun ranting.

"Berdasarkan kajian yang serius dan mendalam, maka DPP Joman tidak lagi mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024," kata Gojali dalam konferensi pers, di Jakarta Selatan, Kamis (9/1). 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...