Partai Prima Jelaskan Duduk Perkara Gugatan yang Buat Pemilu Ditunda

Ade Rosman
3 Maret 2023, 14:08
Partai Prima
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Massa dari Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) bersitegang dengan sejumlah polisi saat berunjuk rasa di depan Kantor KPU, Jakarta, Rabu (14/12/2022).

Ketua Umum Partai Rakyat Adil Makmur atau Partai Prima Agus Jabo Priyono menyatakan tak pernah meminta penundaan pemilu 2024. Ia mengklaim dalam gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Partai Prima hanya menginginkan tahapan pemilu diulang karena merasa telah dirugikan.

Agus mengatakan gugatan yang dilayangkan pada PN Jakarta Pusat pada 8 Desember 2022 merupakan buntut dari hasil pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan Partai Prima tidak memenuhi syarat dalam tahapan verifikasi administrasi partai peserta pemilu 2024. Sebelum ke PN Jakarta Pusat, Agus menyebut Partai Prima telah telah melakukan upaya hukum di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). 

Menurut Agus, kecurangan dan ketidakprofesionalan KPU dalam melakukan verifikasi administrasi telah merugikan Partai Prima. Karena itu, sejak awal proses upaya hukum dijalankan dengan meminta agar proses pemilu dihentikan sementara.

"Kalau sebelumnya secara politik kami melakukan gerakan politik meminta supaya KPU diaudit, supaya persoalannya jelas, di PN kami  menyatakan agar kemudian proses dan tahapan pemilu itu dimulai dari awal lagi," kata Agus di Kantor DPP partai Prima, Jakarta Pusat, Jumat (3/3).

Agus mengatakan berdasarkan gugatan yang telah diajukan Partai Prima menilai KPU sebagai pihak penyelenggara pemilu telah terbukti melakukan perbuatan melawan hukum. Lebih jauh, Agus mengklaim partai Prima telah melakukan kalkulasi perhitungan mandiri, dan didapatkan hasil pemilu harus dimulai dari awal.

"Maka yang kami tuntut bukan persoalan penundaan pemilu, tapi prosesnya itu dimulai dari awal. Proses dihentikan dan dimulai dari awal lagi. Dan kami sudah menghitung kira-kira proses pemilu yang harus dimulai lagi dari awal itu kira-kira 2 tahun 4 bulan," kata Agus. 

Profil Partai Prima

Partai Prima merupakan partai baru yang mendaftar menjadi peserta Pemilu 2024. Pada mulanya Partai Prima bernama Partai Kemajuan yang berubah nama menjadi Partai Rakyat Adil Makmur melalui akta nomor 14 tertanggal 11 Agustus 2020.

Partai Prima mendapatkan pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM pada 2020 lewat surat nomor M.HH-21.AH.11.01. Selanjutnya mereka mendeklarasikan diri menjadi salah satu partai calon peserta pemilu pada 1 Juni 2021 di Jakarta. Adapun pengurus utama Partai Prima diisi oleh Agus Jabo Priyono sebagai Ketua Umum dan Dominggus Oktavianus sebagai Sekretaris Jenderal.  

Agus Jabo merupakan mantan aktivis mahasiswa Solo yang  tercatat menjadi satu dari pendiri Partai Rakyat Demokratik (PRD) pada 1996. PRD secara kepartaian tak berumur panjang karena dibubarkan oleh Kementerian Dalam Negeri lewat surat keputusan pada 1997. Namun, aktivitas PRD tetap berjalan dengan Agus Jabo sebagai salah satu pentolan.  

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...