Menko PMK Minta Korban Kebakaran Depo Pertamina Jujur soal Bantuan

Agustiyanti
5 Maret 2023, 17:10
kebakaran depo pertamina plumpang, depo pertamina plumpang
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Presiden Joko Widodo (tengah) memberikan bantuan kepada pengungsi korban terdampak dari kebakaran Depo Pertamina di RPTRA Rasela, Rawa Badak, Jakarta Utara, MInggu (5/3/2023).

Lebih dari seribu orang mengungsi akibat kebakaran di Depo Pertamina Plumpang yang juga menghanguskan ratusan rumah warga. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta partisipasi warga terdampak kebakaran untuk jujur terkait pemberian bantuan.

"Saya mohon partisipasi masyarakat supaya juga aktif menyampaikan secara jujur apa adanya, tidak ditambah-tambah, tidak dikurangi, sehingga akan mempermudah petugas dalam melakukan pendataan," kata Muhadjir di RPTRA Rasela, Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3), seperti dikutip dari Antara.

Ia mangatakan, sudah berkoordinasi dengan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk menindaklanjuti bantuan, seperti yang diarahkan Presiden Joko Widodo. Adapun partisipasi masyarakat, menurut dia, dapat membantu penyaluran bantuan bisa tepat sasaran.

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo pada hari ini meninjau langsung posko pengungsian korban kebakaran Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Plumpang yang ada di RPTRA Rasela, Rawa Badak Selatan. Keduanya tiba sekitar pukul 09.50 WIB.

Jokowi dan Iriana melihat langsung kondisi para korban yang tengah mengungsi di tenda-tenda darurat. Keduanya berdialog dan membagikan makanan kepada para pengungsi yang ada di tenda.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam keterangan terpisah menyebutkan, hingga saat ini terdapat 17 korban jiwa yang meninggal dunia akibat kejadian tersebut. Selain itu, ada 49 orang mengalami luka berat, 2 orang mengalami luka sedang, 18 orang belum diketahui keberadaannya dan 1.085 jiwa lainnya yang masih mengungsi di sejumlah tempat pengungsian. Adapun dalam keterangan terbaru Koramil 01 Koja, jumlah korban jiwa telah bertambah menjadi 19 orang.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...