Korban Tewas Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Bertambah Jadi 19 Orang

Agustiyanti
5 Maret 2023, 14:55
depo pertamina plumpang, kebakaran depo pertamina plumpang
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.
Sejumlah warga berada di dekat permukiman penduduk yang hangus terbakar dampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta, Sabtu (4/3/2023). Belasan warga dilaporkan menjadi korban jiwa dalam peristiwa itu.

Jumlah korban tewas akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara pada Jumat (3/3) malam bertambah menjadi 19 orang. Koramil 01 Koja menyebut, tiga orang juga masih dalam pencarian. 

"Data terbaru dari Posko Tanggap Darurat Koramil di Rawasari Selatan, Koja, Jakarta Utara, 19 orang dilaporkan meninggal dunia, 14 orang dewasa dan lima anak-anak," kata Danramil 01 Koja Mayor Infantri Ikhwan saat ditemui di Jakarta Utara, Minggu (5/3), seperti dikutip dari Antara

Ikhewan mengatakan, terdapat tiga orang anak berusia belasan tahun yang masih menjadi pencarian karena terpisah dengan orang tuanya saat menyelamatkan diri.  "Diketahui anak mereka saat itu tengah mengaji di TPA yang lokasinya berdekatan dengan meledaknya Depo Pertamina Plumpang," katanya.

Saat ini, pencarian korban hilang masih dilakukan oleh Koramil bersama Polri, pemerintah daerah, TNI Angkatan Laut, Pertamina, dan berbagai pihak lainnya. Mereka juga bekerja sama memberikan bahan makanan, minuman dan bantuan kesehatan kepada para korban.

Berdasarkan pantauan di lokasi pada Minggu pagi, sejumlah petugas mengangkut dan mengumpulkan bantuan yang datang. Bantuan terdiri dari mi cepat saji (instan), air mineral hingga makanan ringan. Ada pula etugas lainnya memasak di tenda dapur untuk korban terdampak kebakaran yang berada di RPTRA Rasela dan PMI Jakarta Utara.

Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, mengalami kebakaran pada Jumat (3/3) sekitar pukul 20.00 WIB. Api bisa dijinakkan sekitar pukul 23.00 WIB setelah Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menurunkan 52 unit mobil pemadam dan sekitar 250 personel untuk membantu proses pemadaman di lokasi.

Presiden Joko Widodo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada hari ini mengunjungi para korban kebakaran dan memberikan sejumlah bantuan. Jokowi dalam kunjungan tersebut mengatakan, telah meminta kepada Erick dan Heru Budi untuk memutuskan untuk memindahkan Depo Pertamina atau merelokasi warga di sekitar lokasi karena area kebakaran sebenarnya adalah zona berbahaya.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...