Yayasan Sebut Alasan Pecat Guru SMK Tak Cuma Soal Kritik Ridwan Kamil

Ira Guslina Sufa
16 Maret 2023, 14:20
klarifikasi pemecatan guru kritik ridwan kamil
Antara
SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon, Jawa Barat

Manajemen SMK Telkom Sekar Kemuning, Kota Cirebon, Jawa Barat, menjelaskan alasan mengakhiri hubungan kerja dengan Muhammad Sabil Fadhilah. Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMK Telkom Cahya Haryadi mengatakan alasan pemecatan tidak hanya karena Sabil telah mengkritik Ridwan Kamil. 

"Pengakhiran hubungan kerja bukan karena kasus etik guru kali ini saja, namun ini merupakan sebuah rangkaian," kata Cahya Haryadi di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (16/3). 

Cahya mengatakan, sebelum memecat Sabil rapat manajemen sekolah dan yayasan telah melakukan rapat. Salah satu yang dibahas adalah komentar Sabil yang dinilai kurang pantas. Dari hasil musyawarah rapat bersepakat memberhentikan Sabil karena sudah melakukan pelanggaran berulang. 

Menurut Cahya, sebelum kasus kritik terhadap Ridwan Kamil mencuat Sabil sudah dua kali mendapat Surat Peringatan (SP) oleh pihak yayasan. SP dilayangkan sekolah pada September 2021 dan SP kedua pada Oktober 2021.

Ia menjelaskan SP 1 diberikan karena Sabil dinilai melanggar kode etik dengan mengeluarkan kata kasar kepada peserta didik. Kata kasar yang disampaikan Sabil membuat orang tua murid melapor kepada pihak sekolah. 

"Kami keluarkan SP pertama pada September 2021 dimana yang bersangkutan melanggar etik guru," tuturnya.

Sedangkan pada SP kedua dikeluarkan karena Sabil melanggar peraturan sekolah. Dalam aturan sekolah semua yang berada di lingkungan SMK Telkom Sekar Kemuning tidak diperbolehkan merokok. 

Menurut Cahya, Sabil terbukti melanggar aturan merokok. Bahkan Sabil diketahui sengaja mematikan kamera pengintai atau CCTV di ruang guru yang merekam aktivitasnya.

"Pada bulan Oktober 2021 SP kami keluarkan lagi dan masih masalah etika yaitu merokok di ruang guru, ada CCTV yang mengontrol tapi oleh yang bersangkutan dimatikan," kata Cahya.

Lebih jauh ia menyebut masih banyak kasus lainnya yang dialami oleh Sabil dari awal mengajar di SMK Telkom Sekar Kemuning sampai akhirnya yayasan memutuskan pemecatan. Sabil sendiri tidak membantah penjelasan dari manajemen sekolah ihwal pemecatannya. 

"Iya (pernah mendapatkan dua kali SP)," kata Sabil saat dihubungi. 

Pemecatan Sabil menjadi ramai diperbincangkan karena ia diberhentikan setelah melayangkan kritik terhadap cara berpakaian Ridwan Kamil saat melakukan panggilan video dengan siswa SMP 3 Tasikmalaya. Saat melakukan panggilan video Ridwan Kamil menggunakan baju jas berwarna kuning. 

“maneh teh keur jadi gubernur jabar ato kader partai ato pribadi @ridwankamil??? (Dalam zoom ini, kamu lagi jadi gubernur jabar atau kader partai atau pribadi),” ujar Sabil.  

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...