Tol Cipali Bakal Terapkan One Way Saat Mudik, Bagaimana dengan Japek?

Nadya Zahira
5 April 2023, 04:05
Polisi mengatur arus kendaraan saat penerapan jalur satu arah di gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022).
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nym.
Polisi mengatur arus kendaraan saat penerapan jalur satu arah di gerbang Tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022).

Tol Cipali akan menerapkan one way atau arus lalu lintas satu arah pada masa mudik lebaran 2023. Penerapan one way di Tol Cipali otomatis dilakukan jika Tol Jakarta-Cikampek atau Japek menerapkan contra flow.

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Aan Suhanan, mengatakan Polri akan menerakan rekayasa lalu lintas baik berupa relaksasi, one way, dan contra flow saat mudik lebaran 2023. Dia mengatakan, tol Japek akan menerapkan contra flow untuk mengurangi kepadatan lalu lintas baik saat arus mudik maupun arus balik.

Dia mengatakan, tol Cikampek saat ini sudah dilebarkan menjadi empat lajur sehingga contra flow bisa diterapkan seara optimal. Namun demikian, tol Cipali hanya memiliki dua lajur. 

"Jadi kalau tol Japek contra flow, maka tol Cipali ini akan jadi bottle neck. Oleh sebab itu, tol Cipali akan diterapkan one way kalau tol Japek menerapkan contra flow," ujarnya saat Rapat Kerja DPR, Selasa (4/4).

One Way Tol Japek Masih Dikaji

Sementara penerapan one way untuk tol Japek masih dikaji. Aan mengatakan, kemungkinan tol Japek tidak menerapkan one way karena volume capacity runwaynya masih memungkinkan hanya dengan menerapkan contra flow. Apalagi saat ini tol Japek telah dilebarkan sehingga bertambah satu lajur. 

Selain itu, penerapan one way juga menimbulkan masalah berdasarkan pengalaman tahun lalu. Pasalnya penerapan one way di tol Japek saat arus mudik menyebabkan kendaraan dari Bandung ke Jakarta menjadi terhambat.

"Mudah-mudahan tahun ini tidak karena kita akan berikan satu lajur dan satu bahu jalan. Artinya ada dua jalan untuk memberikan akses saudara-saudara kita yang dari Bandung ke Jakarta," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...