BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Ekstrem dari Bibit Siklon Tropis 98S

Happy Fajrian
9 April 2023, 10:06
bmkg, siklon, cuaca ekstrem,
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.
Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat angka yang tertera pada alat pengukur kecepatan angin atau anemometer di Stasiun Klimatologi BMKG Karangploso, Malang, Jawa Timur, Rabu (25/5/2022).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bibit Siklon Tropis 98S saat ini terpantau berada di Laut Timor sebelah barat daya Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

“Diperkirakan potensi Bibit Siklon Tropis 98S untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 sampai 36 jam ke depan dalam kategori tinggi,” demikian keterangan resmi BMKG yang dikutip Minggu (9/4).

Bibit Siklon Tropis 98S itu terletak sekitar 10,2 derajat lintang selatan dan 129,1 bujur timur dengan kecepatan angin maksimum 30 knot dan tekanan udara minimum 1.000 mb bergerak ke arah barat daya.

Dalam 24 jam ke depan, fenomena itu memberikan dampak langsung dan tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia mulai dari angin kencang hingga potensi hutan sedang sampai lebat.

BMKG memprakirakan hujan sedang hingga sangat lebat berpotensi terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua. Sedangkan, angin kencang berpotensi terjadi di Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Gelombang laut tinggi 1,25 meter sampai 2,5 meter diprakirakan terjadi di Perairan Kepulauan Selayar, perairan Kepulauan Baubau, perairan Kepulauan Wakatobi, Laut Flores, perairan Kupang hingga Pulau Rotte, perairan Pulau Sawu, Laut Sawu.

Lalu di Selat Ombai, Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur, perairan selatan Ambon, Laut Seram, perairan Fakfak dan Kaimana, perairan Kepulauan Kai hingga Kepulauan Aru, serta Laut Arafuru bagian tengah dan timur.

Adapun gelombang laut setinggi 2,5 meter hingga 4 meter berpotensi terjadi di Laut Banda, perairan Kepulauan Semata - Kepulauan Letti - Kepulauan Babar - Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru bagian barat.

BMKG menghimbau warga di wilayah yang berpeluang terdampak kehadiran bibit siklon meningkatkan kewaspadaan dan melakukan mitigasi dampak hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi.

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...