Survei: Kepuasan Terhadap Jokowi Capai Titik Tertinggi dalam 8 Tahun

Ade Rosman
10 April 2023, 12:45
JOKOWI, survei, lsi
Antara
Presiden Joko Widodo usai blusukan di Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (5/4). Foto: Antara.

Temuan survei nasional Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 31 Maret - 4 April 2023 menunjukkan mayoritas responden menilai positif kinerja Presiden Joko Widodo. Berdasarkan temuan survei tersebut, Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menilai tingkat kepuasan masyarakat konsisten menguat.

“Kinerja presiden dinilai positif oleh 76,8% responden atau masyarakat, mereka menyatakan puas atau sangat puas dengan kinerja presiden,” kata Djayadi dalam pemaparannya, Minggu (9/3).

Angka 76,8% tersebut terdiri dari 55% responden yang merasa cukup puas dan 21,8% lainnya merasa sangat puas.

Terdapat peningkatan kepuasan dibandingkan hasil survei pada Februari 2023 lalu. Kala itu kepuasan terhadap kinerja Jokowi berada di angka 75,9%

Adapun, angka kepuasan ini merupakan yang tertinggi sejak Januari 2015. Saat itu, angka kepuasan terhadap kinerja mantan Wali Kota Solo itu berada di angka 61,7%.

Menurut Djayadi, tingkat kepuasan terhadap Jokowi senada dengan kondisi ekonomi nasional serta penegakan hukum di Inonesia. Ia mengatakan, semakin positif penilaian masyarakat terhadap ekonomi dan penegakan hukum, maka akan diikuti dengan nilai positif terhadap kinerja presiden.

Kendati demikian, dalam survei LSI tersebut, persepsi masyarakat terhadap dua hal itu tidak mengalami perubahan positif yang signifikan. " Dibandingkan dengan Februari, pada awal April ini kondisinya cenderung sama, stabil,” katanya.

Adapun, survei tersebut dilakukan oleh LSI pada periode 31 Maret hingga 4 April 2023, dengan melibatkan sebanyak 1.299 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak atau random digit dialing (RDD).

Responden diwawancarai melalui sambungan telepon oleh pewawancara terlatih. Margin of error survei tersebut diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...