Blusukan ke Merak, Jokowi Waspadai Dua Titik Rawan Macet Saat Mudik

Andi M. Arief
11 April 2023, 14:25
jokowi, merak, mudik
Antara
Presiden Jokow Widodo saat meninjau Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo hari ini meninjau langsung kesiapan Pelabuhan Merak menghadapi mudik Lebaran 2023. Kepala Negara berharap persiapan di pelabuhan tersebut lebih baik dari mudik tahun lalu.

Salah satu perbaikan yang disoroti Jokowi adalah penambahan kapasitas penumpang dari 34.000 orang menjadi 49.000 orang. Menurutnya, hal tersebut telah sejalan dengan peningkatan proyeksi jumlah pemudik sebanyak 43% menjadi 123 juta tahun ini.

"Tambahan kapasitas tampung dan dua dermaga ini sangat penting, dan saya lihat juga manajemen lalu lintasnya sudah sangat detail," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (11/4).

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi mengamati lalu lintas di Pelabuhan Merak telah dibagi sesuai jenis kendaraan, yakni sepeda motor, kendaraan kecil, dan bus. Walau demikian, Mantan Walikota Solo ini menilai efektivitas rencana tersebut harus diuji di lapangan.

Pasalnya, ia melihat titik kemacetan terbesar di wilayah Pelabuhan Merak akan terjadi di jalur Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah. Kedua jalur tersebut merupakan akses masuk ke Pelabuhan Merak.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...