Meski Gerimis, Warga Ramai Salat Ied di Gedung PP Muhammadiyah

Lona Olavia
21 April 2023, 08:20
Meski Gerimis, Warga Ramai Salat Ied di Gedung PP Muhammadiyah
Antara
Beberapa jamaah memakai payung saat mengikuti ceramah shalat Idul Fitri di Gedung PP Muhammadiyah pada Jumat (21/4/2023). (ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari)

Gerimis tipis mewarnai suasana pelaksanaan Salat Idul Fitri 1444 H di lapangan gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/4).

Berdasarkan pantauan Antara, Salat Ied berjalan dengan aman karena gerimis tipis terjadi saat khatib menyampaikan ceramah setelah Salat Ied selesai dilaksanakan. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jamaah yang telah hadir meramaikan Salat Ied di Gedung Muhammadiyah, dan mohon maaf apabila lapangan tidak cukup, sehingga sebagian harus menempati Kolese Kanisius," kata Ketua Panitia Shalat Ied gedung PP Muhammadiyah Zainal Abidin.

Sebelumnya dalam keterangan yang terpisah, Wakil Ketua Lembaga Dakwah Komunitas PP Muhammadiyah Agus Tri Sundani mengatakan, jamaah bisa dipindahkan ke dalam Masjid At-Tanwir di dalam Gedung Muhammadiyah apabila hujan semakin deras.

Salat Ied di Lapangan gedung PP Muhammadiyah pagi ini dimulai pada pukul 07.00 WIB, dengan Imam sekaligus Khatib Dr. KH. Muhammad Choirin, anggota pimpinan Majelis Tabligh PP Muhammadiyah yang juga dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sejak pukul 06.30, jamaah sudah memenuhi Gedung PP Muhammadiyah sehingga beberapa jamaah terpaksa harus mengikuti Salat Ied di Jalan Menteng Raya dan gedung sekolah Kolese Kanisius.

Pihak keamanan juga turut diterjunkan untuk menjaga lalu lintas di Jalan Menteng Raya.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...