Pemerintah Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Sabtu 22 April 2023

Ameidyo Daud Nasution
20 April 2023, 19:12
idul fitri, lebaran, sidang isbat
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/hp.
Umat islam mengikuti shalat Idul Fitri 1443 H di Lapangan Karangpawitan, Karawang, Jawa Barat, Senin (2/5/2022).

Sidang isbat yang digelar Kementerian Agama memutuskan hari raya Idul Fitri atau lebaran jatuh pada Sabtu (22/4). Berdasarkan hasil pemantauan, hilal tidak terlihat sesuai ketentuan Menteri Agama Asia Tenggara.

Hilal masih berada di bawah tinggi 3 derajat dan sudut elongasi di bawah 6,4 derajat. Oleh sebab itu, lebaran ditetapkan jatuh pada Sabtu lusa. 

"Karena tidak memenuhi kriteria maka secara mufakat menetapkan 1 Syawal 1.444 H jatuh pada Sabtu 22 April 2023," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (20/4).

Sidang isbat diikuti Majelis Ulama Indonesia (MUI), duta besar negara sahabat, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), perwakilan ormas Islam, dan Tim Hisab Rukyat Kemenag.

Perbedaan lebaran ini muncul karena adanya beda metode penetapan. Pemerintah menggunakan metode imkanur rukyah yang menggabungkan hisab dan rukyah. Sedangkan Muhammadiyah menggunakan wujudul hilal. 

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan perbedaan tersebut merupakan hal yang biasa. Ma'ruf menjelaskan meski awalnya sempat diwarnai konflik, tapi perbedaan tanggal perayaan tersebut akhirnya bisa disikapi dengan baik.

"Kita rukun-rukun saja sambil mencari cara mempertemukan dua metode," ujarnya di Gorontalo pada Jumat (14/4).

Meski akan merayakan Lebaran sehari lebih cepat, Muhammadiyah meminta perbedaan tersebut tetap dihormati. "Kita ingin guyub rukun, apalagi ini tahun politik," kata Ketua Pimpinan Muhammadiyah Jawa Timur, Sukadiono pada Kamis (17/4).


Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...