Di Momen Idul Fitri, Din Syamsuddin Ajak Masyarakat Kembali Fitrah

Lona Olavia
21 April 2023, 09:02
Di Momen Idul Fitri, Din Syamsuddin Ajak Masyarakat Kembali Fitrah
Antara
Khotbah Shalat Idul Fitri 1444 H yang dibawakan oleh Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin di Jakarta, Jumat (21/4/23). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Din Syamsuddin meminta masyarakat kembali kepada fitrah (sifat asal) manusia pada khususnya dan Indonesia pada umumnya dalam memperingati Idul Fitri 1444 H .

"Ibadah Ramadan yang lalu telah membawa kaum muslimin dan muslimat kembali kepada fitrah kemanusiaan yang sejati," kata Din seusai acara Salat Idul Fitri di Jakarta, Jumat (21/4).

Ia mengatakan fitrah kemanusiaan memiliki dimensi ganda, dimensi kesucian, dan dimensi potensi kekuatan. Untuk itu, ia meminta masyarakat agar kembali kepada kesucian diri dan tampil dengan kekuatan baru.

Menurutnya jika fitrah kemanusiaan dapat diraih, maka manusia akan menjadi umat yang terbaik secara kolektif sebagaimana yang disabdakan oleh nabi.

"Menjadi manusia yang lahir dari pribadi muslim mulia dan menjadi prasyarat munculnya umat yang terbaik," ujar mantan Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah tersebut.

Din juga mengatakan bahwa umat muslim memiliki andil yang besar dalam pergerakan dan perjuangan masyarakat Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...