Penuh Hikmat, Jamaah Muhammadiyah Gelar Salat Ied di Sejumlah Daerah

Patricia Yashinta Desy Abigail
21 April 2023, 09:20
Penuh Hikmat, Jamaah Muhammadiyah Gelar Salat Ied di Sejumlah Daerah
ANTARA FOTO/Maulana Surya/rwa.
Umat Islam melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 H di halaman Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo, Jawa Tengah, Jumat (21/4/2023). Panitia setempat menggelar dua kali pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1444 H yaitu pada Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023).

Jamaah Muhammadiyah antusias menggelar Salat Idul Fitri 1444 H yang ditetapkan pada Jumat (21/4). Nampak di berbagai daerah, Salat Ied dipenuhi oleh jamaah yang beribadah dengan khusyuknya. Salat Ied di berbagai daerah pagi ini nampak berjalan lancar dan aman, meski di beberapa wilayah hujan.  

Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) menggelar Salat Ied di parkiran Stasiun KAI Purwakarta, Jawa Barat. Salat Id diadakan di bawah patuh penokohan wayang Jawa, Gatot Kaca.

Melansir Antara, Salat Ied dipimpin oleh Asep Gunawan sebagai Khotib sekaligus Imam. Walaupun gerimis, jamaah tetap antusias menjalani Salat Ied. Terpantau jamaah perempuan melakukan Salat Id pada selasar pintu gedung stasiun.

Sementara ribuan warga datang ke Lapangan Softball Lodaya, Bandung, Jawa Barat untuk melaksanakan Salat Ied yang diadakan oleh PW Muhammadiyah Jawa Barat.

Salah seorang warga Agus Cahyadi mengungkapkan dirinya datag ke Lapangan Softball Lodaya untuk Salat Ied. Sebab katanya, Salat Ied di tempat tinggalnya tidak digelar. Dirinya mengatakan berangkat jam 05.00 WIB dari rumahnya di kawasan Kabupaten Bandung.

"Kemarin baca berita, informasinya untuk Muhammadiyah dipusatkan di Lapangan Lodaya untuk Salat Idul Fitinya," katanya dikutip dari Antara, Jumat (21/4).

Selain itu, umat Islam di Kota Malang turut menunaikan Salat Ied pagi ini di sejumlah titik seperti Stadion Gajayana, Kelurahan Kauman, Masjid Al Iklas Kelurahan Bareng, dan Taman Krida Kelurahan Jatimulyo.

Di Aceh, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Aceh memusatkan pelaksanaan Salat Ied di lapangan tengah komplek kampus Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) di Banda Aceh.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...