Penyeberangan Kapal Ferry Pelabuhan Ciwandan Bakauheni Ditutup

Intan Nirmala Sari
21 April 2023, 18:50
Sejumlah pemudik motor menaiki Kapal Athaya di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Rabu (19/4) malam. Menurut Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi, puncak arus mudik lebaran di Pelabuhan Merak dan Ciwandan diprediksi Selasa (18/4) malam hingga Rabu (19/4)
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Sejumlah pemudik motor menaiki Kapal Athaya di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Rabu (19/4) malam. Menurut Dirut PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi, puncak arus mudik lebaran di Pelabuhan Merak dan Ciwandan diprediksi Selasa (18/4) malam hingga Rabu (19/4) dini hari.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyampaikan bahwa layanan penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan menuju Pelabuhan Panjang dan Bakauheni resmi ditutup, Jumat (21/4).

"Sesuai arahan dari Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, bahwa pada H-1 mulai pukul 16.00 WIB layanan penyeberangan dari Ciwandan menuju Bakauheni dan Ciwandan - Panjang, resmi ditutup," demikian disampaikan Corporate Secretary PT ASDP Shelvy Arifin dalam keterangannya di Pelabuhan Merak, Jumat (21/4).

Advertisement

Shelvy menyampaikan, seiring dengan penutupan layanan di Pelabuhan Ciwandan maka penyeberangan menuju Lampung kembali dilayani dari Pelabuhan Merak.

ASDP mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar mempersiapkan perjalanan dengan kapal ferry, termasuk layanan arus balik Lebaran.

Sebelumnya, pengendara roda dua dapat menyeberang dengan menempuh rute Ciwandan-Bakauheni pada tanggal 15-21 April 2023 ditambah rute Ciwandan-Panjang untuk tanggal 19-21 April 2023.

Adapun untuk kendaraan truk golongan VB, pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak dilayani hanya pada tanggal 15-17 April 2023. Sehingga, untuk yang ingin menyeberang dari tanggal 18-21 April akan dialihkan menuju Pelabuhan Ciwandan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement