Usai Pertemuan Satu Jam, Pimpinan KIB Nyatakan Solid Meski Beda Capres

Ade Rosman
28 April 2023, 05:50
KIB tetap Solid
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan saat silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di kediaman Airlangga Hartarto, di Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Tiga pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) melakukan pertemuan. Selain Airlangga, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Pelaksana tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono juga hadir dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan KIB berlangsung di kediaman Airlangga di kawasan Jakarta Selatan. Usai pertemuan yang dilakukan selama kurang lebih satu jam tersebut, Airlangga menyatakan KIB tetap solid.

"KIB pada malam hari ini terlihat kita solid, guyub, dan rukun," kata Airlangga dalam konferensi pers, Kamis (27/4).

Pernyataan tersebut disampaikan Airlangga untuk menjawab keadaan KIB usai PPP secara terbuka mendeklarasikan dukungan terhadap bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 yang mereka dukung. Menurut Airlangga, sesuai mekanisme yang disepakati pertama sejak berdirinya koalisi pada 13 Mei 2022 sudah ada kesepakatan para pimpinan partai untuk tidak mencampuri urusan internal masing-masing partai. 

"Jadi rapimnas itu bagian dari mekanisme yang ada di PPP. Kalau di Golkar ada musyawarah nasional, demikian pula ada mekanisme di PAN," kata Airlangga.

Airlangga mengatakan, KIB akan merundingkan kembali setiap keputusan yang dilontarkan dari masing-masing parpol. Ia menyebut KIB ibarat keluarga yang menampung tiap aspirasi yang dibawa oleh masing-masing yang terlibat. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...