Golkar: KIB Tidak Bubar Meski PPP Dukung Ganjar di Pilpres 2024

Andi M. Arief
27 April 2023, 17:43
Golkar
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kedua kiri), dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) memberikan keterangan pers usai menghadiri acara Silaturahmi Ramadhan 1444 H DPP PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Minggu (2/4/2023).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB tidak bubar. Menurut Airlangga KIB tetap solid meski Partai Persatuan Pembangunan mendukung pencapresan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden 2024.

Airlangga menyampaikan bukti soliditas KIB terlihat dengan itikad PPP menghadiri pertemuan KIB pukul 20.30 WIB hari ini. Menurut Airlangga hasil pertemuan yang berlangsung di rumahnya nanti malam bukan berbentuk deklarasi.

"PPP masih ikut KIB. Pak Mardiono hadir," kata Airlangga di Istana Kepresidenan, Kamis (27/4).

Airlangga menyampaikan belum ada perubahan terkait keputusan Partai Golkar dalam menghadapi Pilpres 2024. Sejauh ini Partai Golkar telah memutuskan untuk mendukung Airlangga sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. Oleh karena itu, Airlangga menilai Golkar tidak akan cepat mengikuti langkah PPP dalam mendukung pencapresan Ganjar. 

"PPP kan baru memutuskan, kalau Golkar sudah lama melalui Musyawarah Nasional," ujar Airlangga optimistis.

Airlangga mengatakan usai menggelar pertemuan dengan pimpinan KIB, Golkar akan menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Pertemuan merupakan lanjutan atas hubungan politik yang telah terbangun. 

"Kedekatan Golkar dengan Gerindra baik-baik saja. Ada pertemuan lanjutan, ya mungkin minggu-minggu depan lah," kata Airlangga.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...