PPP Akan Ajak Golkar dan PAN Ikut Dukung Ganjar Pranowo

Ameidyo Daud Nasution
30 April 2023, 19:16
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan saat silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di kediaman Airlangga Hartarto
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) dan Plt Ketua Umum PPP Mardiono (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan saat silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di kediaman Airlangga Hartarto, di Jakarta, Kamis (27/4/2023). Airlangga Hartarto mengatakan, KIB tidak mencampuri urusan PPP dalam mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden pada Pemilu 2024.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi anggota pertama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang telah menjatuhkan dukungan kepada salah satu calon presiden. Meski demikian, Partai Kakbah menyebut KIB belum bubar.

Justru, PPP akan mengajak anggota lainnya yakni Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) bergabung untuk mendukung Ganjar Pranowo.

"Kalau itu terjadi, maka akan menjadi KIB Plus," kata Pelaksana tugas Ketua Umum PPP Mardiono usai pertemuan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Jakarta, Minggu (30/4).

Namun Mardiono tak mempermasalahkan jika nantinya Golkar dan PAN mengambil jalan lain. PPP tak akan membatasi ruang bagi partai lain untuk menjatuhkan pilihan capres.

"Kami tiga partai tak akan saling campur, itu ada di piagam perjanjian," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...