Menag Sebut Aksi Penembakan Kantor MUI Karena Salah Pemahaman Agama

Ameidyo Daud Nasution
4 Mei 2023, 10:50
mui, yaqut, penembakan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersiap memberikan keterangan pers terkait Sidang Isbat penetapan 1 Syawal 1444 H di Kemenag, Jakarta, Kamis (20/4/2023).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan penembakan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Jakarta bukan tindakan terorisme. Yaqut menilai peristiwa tersebut didasari aksi individu yang salah belajar ahama.

"Saya meyakini ini tindakan individu atau orang yang salah memahami agamanya," kata Yaqut di Surabaya, Rabu (3/5) dikutip dari Antara.

Makanya Yaqut meminta polisi memproses tuntas meski pelakunya tewas di lokasi kejadian. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu juga yakin semua agama selalu mengajarkan perdamaian.

"Aparat harus memproses dan menyelidiki latar belakang peristiwa tersebut agar aksi tidak terulang kembali," katanya.

Insiden penembakan terjadi di Kantor MUI di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, pada Selasa (2/5). Aksi penembakan terjadi pada pukul 10.30 WIB. Adapun dua orang pegawai mengalami luka-luka karena aksi itu.

Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan insiden penembakan terjadi saat pengurus melaksanakan rapat pimpinan rutin. Menurut Niam saat itu pengurus MUI sedang membahas persiapan pelaksanaan halal bihalal dan upaya merajut kebersamaan setelah Idul Fitri.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...