Indonesia Dapat Tambahan 8.000 Kuota Haji

Agustiyanti
7 Mei 2023, 17:53
haji, kuota haji. arab saudi
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/YU
Sejumlah jamaah calon haji mengikuti bimbingan manasik haji di Gedung Islamic Center, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). Pemerintah mendapatkan tambahan 8.000 kuota haji pada tahun ini.

Indonesia mendapat tambahan 8.000 kuota jamaah haji pada tahun ini. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tambahan ini sudah  dalam sistem e-Hajj, aplikasi visa Arab Saudi. 

“Kami saat ini sedang menunggu surat resmi dari Arab Saudi. Kami juga akan segera membahasnya dengan DPR,” ujar Yaqut di Jakarta, Minggu (7/5). 

Ia mengatakan, Kementerian Agama akan berkomunikasi secara intensif dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian  Haji dan Umrah Arab Saudi, untuk merespons tambahan kuota tersebut. Adapun Indonesia mendapat 221.000 kuota jemaah haji pada tahun ini, di luar tambahan kuota. Jumlah ini terdiri atas 203.320 kuota jemaah haji reguler dan 17.680 kuota jemaah haji khusus.

Para jamaah yang mendapatkan kuota sudah melakukan proses pelunasan sejak 11 April – 5 Mei 2023. Adapun masih ada 14.356 jemaah yang belum melakukan pelunasan atau konfirmasi pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 1444 H sehingga prosesnya diperpanjang hingga 12 Mei 2023.

Menurut Menag, ada sejumlah tahapan yang harus dilakukan dalam proses pemberangkatan jemaah haji, sejak adanya ketetapan kuota. Pertama, katanya, Kementerian Agama harus menggelar rapat kerja dengan Komisi VIII DPR untuk membahas pemanfaatan kuota tambahan dan pembiayaannya.

"Hasil kesepakatan dengan DPR itu kemudian dijadikan sebagai dasar untuk penerbitan Keputusan Presiden tentang kuota tambahan. Setelah itu, harus diterbitkan Keputusan Menteri Agama tentang Pedoman Pelunasan Haji bagi Kuota Tambahan," ujar Yaqut.

Adapun Kemenag akan segera melakukan verifikasi data jemaah yang berhak berangkat untuk kemudian diumumkan sebagai jemaah yang berhak melakukan pelunasan. Tahap selanjutnya adalah masa pelunasan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...