Jokowi Sambut PM Timor Leste di Labuan Bajo: Selamat Gabung ASEAN

Andi M. Arief
9 Mei 2023, 16:58
jokowi, timor leste, asean
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak (kiri) saat pertemuan bilateral di sela KTT ke-42 ASEAN di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, NTT, Selasa (9/5/2023). POOL/

Presiden Joko Widodo menggelar dua pertemuan bilateral yakni antara Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh. Pertemuan tersebut dilakukan di lokasi KTT ASEAN ke-42, yakhni Meruora Convention Center hari ini, Selasa (9/5).

Pertemuan pertama yang dilakukan oleh Jokowi adalah dengan Minh Chinh dan dilanjutkan dengan Matan Ruak. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyambut Timor Leste setelah bergabung ke ASEAN.

"Selamat datang di Labuan Bajo PM Taur Matan Ruak dan selamat bergabung di keluarga besar ASEAN," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Selasa (9/5).

Timor Leste hadir di Labuan Bajo dengan status observer dalam KTT ASEAN ke-42. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, mengatakan kehadiran Perdana  Menteri Taur Matan Ruak tersebut menandakan adanya kemajuan hubungan baik yang sangat signifikan antara Indonesia dengan Timor Leste.

"Indonesia secara konsisten mendukung aksesi Timor Leste sebagai anggota ASEAN ke-11," ujar Teuku dalam keterangan resmi, Senin (8/5).

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...