AMSI Luncurkan E-Learning 8 Jurus Jitu Cara Mengelola Media Siber

Lona Olavia
20 Mei 2023, 16:22
AMSI Luncurkan E-Learning 8 Jurus Jitu Cara Mengelola Media Siber
Dokumentasi AMSI
Peluncuran microsite e-learning media for sustainability di Kensington Ballroom, Hotel Ashley Wahid Hasyim yang diikuti anggota AMSI di 27 wilayah di Indonesia, Jumat (19/5).

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) meluncurkan microsite e-learning media for sustainability atau pembelajaran secara daring manajemen dan pengelolaan untuk keberkelanjutan media siber.

Peluncuran ini dilangsungkan secara hybrid di Kensington Ballroom, Hotel Ashley Wahid Hasyim dan diikuti anggota AMSI di 27 wilayah di Indonesia melalui platform Zoom pada Jumat (19/5).

E-learning  yang diproduksi atas dukungan Internews dan USAID Media ini bertujuan meningkatkan pengetahuan pemimpin dan pengelola media lokal agar bisa adaptif dan bertumbuh secara berkelanjutan di tengah gelombang revolusi digital.

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan, e-learning sebenarnya satu dari sekian banyak program besar AMSI  bersama USAID dan Internews untuk menjawab tantangan dan masalah yang sekarang dihadapi perusahaan media. 

“Dunia jalannya cepat sekali dan mereka tidak menunggu kita berdiskusi dulu mengenai strategi konten, harus jalan terus. Kita tidak pernah membayangkan ada ribuan orang yang live di tiktok, berjualan di tiktok. Sekarang brand juga bisa menjual barangnya di platform dan itu live,” katanya dalam keterangan resmi Sabtu (20/5).

Wens pun mengaku ada sedikit kekhawatiran pada saat e-learning ini diproduksi, di mana nanti penggunaannya sudah tidak relevan lagi. Sebab algoritma platform sudah berubah. Apalagi saat ini sudah ada artifical intelligence dan sebagainya.

Karena itulah dirinya dan teman-teman AMSI sangat rajin mengikuti perkembangan perubahan teknologi, platform, tren pembaca, dan tren merek-merek beriklan. Tujuannya agar media di Indonesia bisa tetap adaptif dengan perubahan-perubahan itu, tapi juga tetap mengutamakan kualitas konten.

Wens mengatakan, e-learning ini adalah satu dari sekian cara AMSI untuk memberi panduan dan pelatihan mendasar dalam mengelola media. “Itu adalah hasil mapping kita mengenai masalah yang sedang kita hadapi,” katanya.

 

Halaman:
Reporter: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...