Survei Litbang Kompas: Elektabilitas Prabowo Ungguli Anies dan Ganjar

Ade Rosman
24 Mei 2023, 09:13
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan pidatonya saat menghadiri penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Wisma Atlet Jakabaring, Jakabaring Sport City (JSC),
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan pidatonya saat menghadiri penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Wisma Atlet Jakabaring, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (27/11/2022).

Survei Litbang Kompas menunjukkan elektabilitas Menteri Pertahanan Prabowo mengungguli dua kandidat bakal calon presiden lainnya, yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Survei dilakukan secara periodik dengan wawancara tatap muka pada 29 April-10 Mei 2023 tersebut. Hasil survei menunjukkan elektabilitas Prabowo berada di angka 24,5%, disusul Ganjar di posisi kedua dengan 22,8%, dan selanjutnya Anies memperoleh 13,6%.

Adapun elektabilitas kandidat capres selain tiga teratas hanya mendapatkan suara di bawah 10 persen. Rincian perolehan kandidat itu adalah Ridwan Kamil 5,8%; Sandiaga Uno 1,9%; Agus Harimurti Yudhoyono 1,2%; Basuki Tjahja Purnama 0,8%; Tri Rismaharini 0,6%; Andika Perkasa 0,6%; Erick Thohir 0,9%; Puan Maharani -, dan Mahmud MD 0,9%.

Manuver Jelang Pilpres

Saat ini, Partai Gerindra yang dipimpin oleh Prabowo telah bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya atau KKIR. Prabowo telah mengantongi dukungan dari kedua partai politik yang tergabung dalam KKIR itu untuk maju sebagai calon presiden dalam pilpres 2024. Meski demikian, hingga kini bakal calon wakil presiden pendampingnya masih belum dikemukakan.

Wakil Ketua Umum sekaligus Juru Bicara Pemenangan Pemilu Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono, mengungkapkan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar merupakan kandidat kuat pendamping Prabowo nantinya.

"Saya rasa Cak Imin salah satu calon kuat menjadi cawapresnya Pak Prabowo," kata Budi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/5).

Meski demikian, Budi mengatakan, keputusan pasangan yang akan berlaga dalam kontestasi pilpres 2024 diserahkan kepada Prabowo dan Muhaimin sebagai pimpinan dari parpol yang tergabung di KKIR.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...