Respons Isu MK Bakal Putuskan Proporsional Tertutup, SBY: Bisa Chaos

Image title
28 Mei 2023, 20:52
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Facebook/Susilo Bambang Yudhoyono
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merespons isu mengenai Mahkamah Konstitusi yang akan memutuskan sistem proporsional tertutup dalam Pemilu 2024.

"Jika yang disampaikan Prof Denny Indrayana 'reliable', bahwa MK akan menetapkan Sistem Proporsional Tertutup, dan bukan Sistem Proporsional Terbuka seperti yang berlaku saat ini, maka hal ini akan menjadi isu besar dalam dunia politik di Indonesia," kata dia dalam cuitannya di akun twitter pribadinya @SBYudhoyono, Minggu (28/5).

Ia menyebutkan tiga hal penting yang harus disampaikan berkaitan dengan sistem pemilu yang bakal diputuskan MK. "Mungkin ini juga pertanyaan mayoritas rakyat Indonesia dan mayoritas partai-partai politik. Saya pikir pemerhati pemilu dan demokrasi juga memiliki kepedulian yang sama," cuit dia.

Yang pertama, ia menanyakan kegentingan dan kedaruratan yang mendesak sistem pemilu diganti ketika proses pemilu sudah dimulai. Ia mengingatkan MK perihal daftar caleg sementara yang baru saja diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum. "Pergantian sistem di tengah jalan bisa menimbulkan chaos."

Yang kedua, ia menanyakan sistem pemilu terbuka bertentangan dengan konstitusi. Jika MK tidak memiliki argumentasi kuat bahwa sistem pemilu terbuka bertentangan dengan konstitusi sehingga harus diganti, menurut dia, mayoritas masyarakat akan sulit menerima pergantian sistem tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...