KPU Rancang Surat Suara untuk Pemilu 2024, Seperti Apa Desainnya?

Ira Guslina Sufa
25 Mei 2023, 12:40
KPU Siapkan surat suara
ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc.
Peserta penyadang disabilitas mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan desain surat suara dan formulir yang disederhanakan untuk pemilu tahun 2024 di Halaman Kantor KPU, Jakarta, Selasa (22/3/2022).

Komisi Pemilihan Umum atau KPU telah menyiapkan desain surat suara dengan merujuk sistem pemilu proporsional terbuka. Padahal di saat yang sama Mahkamah Konstitusi belum membacakan putusan hasil uji materi Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu khususnya pasal mengenai sistem pemilu. 

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan saat ini KPU tengah menyiapkan draf peraturan KPU tentang logistik pemilu. PKPU itu akan mengatur penyediaan kelengkapan pemilu. 

“Ada surat suara, ada formulir, kami mendesainnya masih menggunakan sistem pemilu proporsional daftar calon terbuka," ujar Hasyim seperti dikutip, Kamis (25/5). 

Ia menjelaskan desain surat suara memuat desain formulir yang di dalamnya ada nama partai, nomor urut partai dan gambar partai. Juga ada nama calon, dan nomor urut calon di setiap daerah pemilih di setiap surat suara maupun formulir.

Sementara itu, saat ini proses uji materi UU Pemilu di MK sudah memasuki tahap akhir. Gugatan UU Pemilu itu menghendaki perubahan sistem pemilu dari proporsional terbuka menjadi proporsional tertutup. 

Dalam sistem proporsional tertutup pemilih hanya memilih atau mencoblos partai. Sedangkan penentuan caleg yang menjadi anggota dewan ditentukan oleh partai.  

Halaman:
Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...