Gerindra Cari Momen Umumkan Cawapres Pendamping Prabowo di Pilpres

Ira Guslina Sufa
13 Juni 2023, 18:02
Gerindra
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah) bersama Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad (kanan) dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kiri) menghadiri acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Partai Gerindra di Kantor DPP Gerindra, Jakarta, Senin (6/2/2023).

Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR)  masih mencari waktu yang tepat untuk mengumumkan sosok calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto di pemilihan presiden 2024. Menurut Sufm Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa saat ini masih mematangkan komunikasi dengan partai di luar koalisi. 

“Walaupun perjanjian antara Gerindra dan PKB, nama capres dan cawapres akan ditentukan oleh Pak Prabowo dan Cak Imin, tapi tentunya juga akan menunggu matangnya koalisi dengan beberapa partai,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (13/6). .

Saat ditanya siapa partai yang akan merapat dengan Gerindra dan PKB, Sufmi tidak memberi tahu dengan gamblang. Namun dia tak menampik bila ada kemungkinan Golkar bergabung dalam koalisi. 

“Kalau kami ngomong koalisi, mungkin tidak hanya dengan PKB. Kami bisa menambah koalisi dengan beberapa partai, bisa dengan Golkar dan lain-lain,” ujar Sufmi lagi. 

Dia menyebut bahwa sejauh ini koalisinya berfokus menjalin penjajakan dan komunikasi secara intensif dengan beberapa parpol yang akan merapat ke KKIR. Menurut Sufmi rekan baru koalisi nantinya juga akan menentukan sosok cawapres yang akan didukung bersama Prabowo dan Muhaimin Iskandar. 

Belum diumumkannya nama cawapres pendamping Prabowo sebelumnya sempat dipersoalkan oleh PKB. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan koalisi bisa saja dievaluasi dari awal bila hingga akhir Juni nama cawapres tak kunjung diumumkan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...