Nasdem - PKS Kompak Singgung Komitmen Tanggapi Pertemuan AHY dan Puan

Ade Rosman
12 Juni 2023, 15:55
Nasdem
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) membisikkan sesuatu kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) saat memberikan keterangan pers bersama usai melaksanakan pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (22/02/2023).

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dijadwalkan akan bertemu dengan Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani. Kepastian tersebut didapat usai Sekretaris Jenderal dari kedua partai politik tersebut saling berkomunikasi, pada Minggu (11/6) di kawasan Jakarta Selatan.

Pertemuan antara AHY dan Puan merupakan lanjutan setelah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memasukkan nama Ketua Umum Demokrat itu dalam salah satu kandidat potensial cawapres. Saat ini PDIP baru mengumumkan nama Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Rencana pertemuan AHY dan Puan mendapat respons dari Partai Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera. Nasdem dan PKS merupakan rekan Demokrat di Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang.  

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali menyinggung konsistensi partai politik. Menurutnya, masyarakat bisa menilai nantinya hasil yang akan didapatkan dari pertemuan tersebut.

"Masyarakat memiliki pandangan dari masing-masing partai politik. Apakah partai ini partai yang konsisten, partai yang ragu, partai plinplan, dan lain-lain. Masyarakat nanti akan menilai itu," kata Ali, ketika dihubungi, Senin (12/6).

Lebih jauh Ali mengatakan, jika nantinya AHY menjadi cawapres Ganjar, Partai Nasdem akan mengucapkan selamat. Namun, ia berkeyakinan bahwa partai demokrat akan konsisten maju bersama koalisi pendukung Anies.

Di sisi lain, Ketua Bidang Polhukam DPP PKS Al Muzammil Yusuf mengatakan, hingga kini tiga partai yang tergabung dalam KPP tetap konsisten mendukung Anies. Menurut dia PKS maupun Demokrat memiliki komitmen yang kuat terhadap Anies Rasyid Baswedan sebagai capres Koalisi Perubahan.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...