Jokowi Terima Kaisar Jepang Hari Ini, Kunjungan Luar Negeri Pertama

Ira Guslina Sufa
19 Juni 2023, 07:02
Jokowi menerima Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako
ANTARA FOTO/REUTERS/Koji Sasahara
Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako membawa lentera saat perayaan nasional memperingati kenaikan tahtanya di jalan masuk ke Imperial Palace di Tokyo, Jepang, Sabtu (9/11/2019).

Presiden Joko Widodo hari ini dijadwalkan akan menyambut kedatangan Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako. Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan penyambutan resmi akan digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (19/6) pagi. .

"Permaisuri Masako akan turut mendampingi Kaisar Jepang Naruhito dalam kunjungan ke Istana Kepresidenan Bogor untuk bertemu Bapak Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana," kata Bey seperti dikutip dari keterangan resmi, Senin (19/6).

Kaisar Naruhito bersama Permaisuri Masako telah mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu sore sekitar pukul 16.20 WIB. Selain bertemu Presiden Jokowi, Kaisar Naruhito juga diagendakan mengunjungi sejumlah tempat lainnya, seperti Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit, hingga mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Dalam penyambutan, Presiden akan didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam keterangannya menyebut bahwa Indonesia telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung ke Indonesia. Salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo ke Tokyo pada bulan Juli 2022.

"Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia," ucap PM Fumio.

Kunjungan Luar Negeri Pertama 

Sekretaris Pers untuk Kaisar Jepang Kojiro Shiojiri menyampaikan bahwa kunjungan Kaisar Naruhito ke Indonesia merupakan kunjungan pertamanya setelah menduduki tahta pada 1 Mei 2019. Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako melakukan kunjungan selama lima hari hingga Jumat (23/6). 

“Ini artinya kunjungan perdana luar negeri setelah beliau (Kaisar) naik tahta,” kata Kojiro Shiojiri dalam keterangannya tertulis. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...