Top News: Libur Idul Adha Bertambah, Riset UI soal Pendapatan Ojol

Aryo Widhy Wicaksono
21 Juni 2023, 05:55
Pekerja memberi makan kambing asal Pacitan, Jawa Timur yang dijual untuk hewan kurban Idul Adha di kawasan Rorotan 2, Jakarta Utara, Selasa (20/6/2023).
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Pekerja memberi makan pada kambing asal Pacitan, Jawa Timur yang dijual di kawasan Rorotan 2, Jakarta Utara, Selasa (20/6/2023).

Pemerintah menetapkan untuk menambah hari cuti bersama pada tanggal 28 dan 30 Juni 2023, untuk menambah hari libur nasional memperingati Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah pada 29 Juni 2023. Hal ini membuat jadwal hari libur Idul Adha menjadi tiga hari.

Kepastian penetapan tambahan libur cuti bersama pada Juni termuat dalam Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri, yang telah disahkan pada 16 Juni lalu.

Berita mengenai tambahan hari libur Idul Adha menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id pada Selasa (20/6). Selain itu, simak juga berita menarik lainnya, dari hasil penelitian mengenai pendapatan mitra Gojek, hingga saran Lo Kheng Hong untuk menjaga emosi tatkala saham sedang turun.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Libur Idul Adha Ditambah Tiga Hari, Mulai 28 Hingga 30 Juni

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas, memastikan adanya tambahan cuti bersama Idul Adha, sehingga hari libur menjadi tiga hari. Terdiri dari satu libur nasional untuk memperingati Idul Adha pada 29 Juni, serta dua cuti bersama, yakni pada 28 dan 30 Juni 2023.

"Iya (sudah fix)," kata Azwar saat ditanya awak media di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/6).

Namun Azwar mengatakan pengumuman resmi libur akan diumumkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Azwar menjelaskan wacana perpanjangan libur dihadirkan demi memastikan masyarakat dapat merayakan Idul Adha dengan baik. Ditambah lagi, perayaan Idul Adha juga digelar berbarengan dengan masa libur sekolah.

Adapun sejumlah pihak yang terlibat dalam pembahasan bersama Menpan RB adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Rapat juga dihadiri oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Noor.

2. Pengusaha Protes Wacana Pemerintah Tetapkan Libur Idul Adha 3 Hari

Pelaku usaha memprotes rencana pemerintah yang akan menetapkan libur Idul Adha menjadi tiga hari. Pasalnya, rencana tersebut dinilai mendadak sehingga akan mengganggu produktivitas industri.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia, Adhi S Lukman, mengatakan cuti bersama yang ditetapkan mendadak akan mengganggu produktivitas kerja industri. Apalagi jika perubahan cuti tersebut diterapkan pada bagian produksi yang memiliki tiga shift.

Dia mengatakan, sejumlah industri juga membutuhkan biaya tambahan jika kegiatan pabrik terhenti dalam kurun waktu cukup lama. Pasalnya, biaya energi yang dikeluarkan saat mesin memulai produksi cukup besar.

3. Kurangi Insentif, Riset: Pendapatan Mitra Ojek Online Gojek Naik

GoTo Gojek Tokopedia mengurangi biaya insentif tahun lalu. Meski begitu, riset LPEM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, menunjukkan pendapatan mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol meningkat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...