Menikmati Jamuan Klasik Kerajaan di Royal Heritage Dinner Solo

 Zahwa Madjid
26 Juni 2023, 13:04
Menikmati Jamuan Klasik Kerajaan di Royal Heritage Dinner Solo
Katadata

Menikmati nuansa klasik jamuan makan kerajaan yang sudah berusia 266 tahun tentu menjadi salah satu kegiatan yang menarik. Royal Heritage Dinner di Solo yang merupakan salah satu rangkaian acara Satu Dalam Cita menawarkan pengalaman unik tersebut.

Para pengunjung disuguhi 10 jenis hidangan khas Jawa yang dipadukan masakan khas Bali yang terdiri dari makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup dan aneka minuman. Tak hanya itu, alunan gamelan menemani pengunjung sambil menikmati hidangan.

Berlokasi di Taman Pracima Tuin, Pura Mangkunegaran, pengunjung juga dihibur oleh pertunjukan kesenian musik dan tari tradisional Mangkunegaran dengan koreografer Eko Supriyanto. Pengunjung berkesempatan untuk bersama-sama membersihkan diri dengan menyaksikan tarian Ruwat Murwakala yakni prosesi pembebasan diri dari gangguan Batara Kala.

Pracima Tuin merupakan taman pribadi milik Mangkunegaran VII. Namun kini telah menjadi ruang publik.

Eko Supriyanto menjelaskan bahwa ini bukanlah kolaborasi pertama antara dirinya dengan Mangkunegaran. Namun kali ini, ia merasa bahwa kesempatan kolaborasi ini lebih membuka ruang untuk kreativitas dan mengekspresikan diri dalam rangka penciptaan karya.

“Saya merasa beruntung dan tersanjung karena didhawuhi atau diperintahkan langsung oleh Kanjeng Gusti untuk berkolaborasi dengan Gusti Sura, yang memang kami dari dulu sudah sadar bahwa Pura Mangkunegaran bukan hanya tempat. Tapi tempat ini juga banyak ruang interpretasi dan ruang ekspresi,” ujar Eko pada Katadata.co.id di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/6).

Pengageng Pawedanan Panti Budoyo Pura Mangkunegaran, GRAj Ancillasura Marina Sudjiwo juga mengatakan bahwa Pura Mangkunegaran sangat terbuka dengan kolaborasi. Apalagi ada kesamaan visi misi dan tujuan, serta niat baik dari Eko Supriyanto yang salin bersinergi dalam acara Satu dalam Cita.

“Satu dalam Cita juga menjadi sebuah media untuk kita berkolaborasi. Karena ini menjadi sebuah tempat berekspresi yang tidak dibatasi oleh apapun tapi berekspresi dengan hati dan berkesenian dengan baik,” ujar Gusti Sura.

Sebagai informasi, Satu dalam Cita merupakan kolaborasi antara Titimangsa, Katadata, dan Pura Mangkunegaran, Solo bersama PT Bank Central Asia Tbk (BCA) yang terdiri atas Pertunjukan Sudamala: Dari Epilog Calonarang (24 & 25 Juni 2023), Pasar Kangen (23-25 Juni 2023), Sudamala Tour (23-25 Juni 2023), Royal Heritage Dinner (23-25 Juni 2023), Ruwat Bumi Pura Mangkunegaran (24 Juni 2023), dan Lokakarya Kesenian (23-25 Juni 2023) di Pura Mangkunegaran, Solo.

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...