Jokowi Sudah Kantongi Nama Menkominfo Baru Pengganti Johnny Plate

Ameidyo Daud Nasution
26 Juni 2023, 14:15
jokowi, menkominfo, johnny plate
ANTARA FOTO/Fauzan/nym.
Presiden Joko Widodo (tengah) berfoto bersama warga saat kunjungannya ke Pasar Menteng Pulo, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Presiden Joko Widodo telah mengantongi nama calon Menteri Komunikasi dan Informatika baru pengganti Johnny G. Plate. Plate saat ini berstatus tersangka kasus dugaan korupsi proyek Base Transceiver Station (BTS).

Meski demikian, Jokowi masih enggan membuka siapa nama calon Menkominfo baru. "Sudah ada (nama), tapi tunggu dulu," kata Jokowi di Pasar Palmerah, Jakarta, Senin (26/6) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Kejagung menetapkan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate sebagai tersangka dalam kasus BTS pada 17 Mei lalu. Johnny ditetapkan sebagai tersangka usai diperiksa sebanyak tiga kali terkait perkara tersebut.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh mengungkapkan, berdasarkan hasil audit total kerugian negara dalam proyek BTS Kominfo mencapai Rp 8 Triliun.

"Kerugian keuangan negara itu terdiri dari tiga hal, biaya untuk kegiatan penyusunan kajian pendukung, mark up harga, dan pembiayaan pembangunan BTS yang belum terbangun," kata Ateh, saat konferensi pers, di Kejaksaan Agung, Senin (15/5).

Menkominfo tinjau media center KTT ASEAN
Menkominfo tinjau media center KTT ASEAN (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/tom.)

Usai Johnny dijadikan tersangka, Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menjadi Pelaksana tugas Menkominfo.

Mahfud juga telah menemukan proyek pembangunan BTS berjalan baik selama 14 tahun pada 2006-2019. Oleh sebab itu, proyek ini akan tetap dilanjutkan oleh BAKTI.

"Kami usahakan untuk dilanjutkan, karena kalau tidak dilanjutkan rakyat akan mengalami kerugian," kata Mahfud di Istana kepresidenan, Senin (22/5)

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...