Prabowo Temui Jokowi di Istana, Bahas Ukraina hingga Pesawat Tempur

Andi M. Arief
26 Juni 2023, 18:47
prabowo, jokowi, istana
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/rwa.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kiri) berbincang dengan Ulama Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya (tengah) dan Ulama Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah (kanan) saat kunjungan kerja di Kanzus Sholawat, Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (19/5/2023).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan hari ini.  Prabowo mengatakan tujuan utama pertemuan tersebut adalah melaporkan kunjungannya ke Eropa. 

Prabowo menyatakan beberapa hal yang dibicarakan dengan Jokowi adalah permasalahan geopolitik global dan isu pertahanan terkini di dalam negeri. "Saya kira akan kami laksanakan petunjuk beliau," kata Prabowo di Istana Kepresidenan, Senin (26/6). 

Prabowo telah mencermati perkembangan perang antara Ukraina dan Rusia. Menurutnya, keadaan di sana berubah dengan cepat. 

Ketua Umum Gerindra itu juga mengatakan sikap pemerintah Indonesia dalam peperangan Ukraina dan Rusia sudah jelas, yakni pada posisi yang menghormati. Menurutnya, pemerintah menghormati ketentuan dan hukum internasional.

Namun Prabowo menjelaskan pemerintah juga menjalin hubungan baik dengan semua pihak. Indonesia dalam hal ini selalu mencoba menjadi mediator atara Rusia dan Ukraina. 

"Tapi, kami terus berusaha memberi masukan yang baik," kata Prabowo. 

Oleh karena itu, Prabowo berencana membuat laporan dan melaporkannya ke Jokowi. Akan tetapi, Prabowo tidak sempat membahas hal tersebut dengan Kepala Negara karena keterbatasan waktu. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...