Ratusan Ribu Kendaraan Keluar Jabodetabek Hari Ini, Ada Diskon Tol

Yuliawati
Oleh Yuliawati
28 Juni 2023, 08:32
Pengendara mobil melintas di ruas Tol Cikopo - Palimanan, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (27/6/2028). PT Jasa Marga memprediksi sebanyak 1.065.952 kendaraan akan keluar dari Jakarta selama libur panjang Idul Adha 1444 H dengan puncak arus kendaraan terjad
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz
Pengendara mobil melintas di ruas Tol Cikopo - Palimanan, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (27/6/2028). PT Jasa Marga memprediksi sebanyak 1.065.952 kendaraan akan keluar dari Jakarta selama libur panjang Idul Adha 1444 H dengan puncak arus kendaraan terjadi pada Rabu (28/6).

Jasa Marga memprediksi sebanyak 1.065.952 kendaraan yang keluar keluar kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi atau Jabodetabek selama libur dan cuti bersama Idul Adha selama lima hari. Puncak arus kendaraan keluar Jabotabek melalui tol akan terjadi pada hari ini sekitar 181 ribu kendaraan.

“Untuk prediksi puncak arus balik jatuh pada H+3 atau pada Minggu (2/7) dengan lalu lintas mencapai 192 ribu kendaraan, naik 13,8 persen dibandingkan dengan lalu lintas normal,” kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, dikutip dari Antara, Rabu (28/6).

Perkiraan Jasa Marga berdasarkan arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikupa (arah Merak).

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan itu, Jasa Marga telah menyiapkan berbagai strategi dan usulan rekayasa lalu lintas.

Salah satu rekayasa lalu lintas yang diusulkan kepada pemerintah adalah usulan pembatasan angkutan barang baik pada periode kendaraan keluar maupun masuk kembali ke wilayah Jabotabek.

“Dalam mengusulkan pembatasan angkutan barang tersebut, Jasa Marga melihat data historis lalin per jam pada traffic counting di Km 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan di Km 63 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...