Mahfud MD Pastikan Bakal Evaluasi Ponpes Al-Zaytun

Amelia Yesidora
29 Juni 2023, 12:48
Mahfud MD
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/tom.
Ilustrasi, Menko Polhukam Mahfud MD (keempat kiri) didampingi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Semarang Ahmad Darodji (kedua kanan) berjalan saat kunjungan di agrowisata petik buah di halaman Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), Semarang, Jawa Tengah, Kamis (29/6/2023).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD tegaskan pemerintah bakal evaluasi keberadaan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun di Indramayu, Jawa Barat. Ponpes ini ramai dibicarakan karena diduga menyebarkan ajaran Islam yang menyimpang.

“Kami akan evaluasi pondok pesantrennya secara administratif, seperti melihat penyelenggaraannya, kurikulumnya, konten pengajarannya. Jadi hak santri dan murid untuk belajar tetap berjalan” kata Mahfud usai Shalat Id di Mesjid Agung Semarang, Jawa Tengah

Bagi Mahfud, Ponpes Al-Zaytun adalah lembaga pendidikan yang harus dibina. Meski begitu, pihak yang melanggar hukum harus dintindak tegas, sesuai laporan dan informasi terkait peristiwa yang terjadi.

Ia pun menyebut masih ada aspek hukum yang harus diselesaikan polemik Ponpes Al Zaytun. Menurutnya, jika di dalam pondok pesantren tersebut ada aspek hukum pidana, maka akan ditangani oleh Kepolisian dan tidak akan diacuhkan.

Dalam catatan Katadata, ponpes ini ramai dibicarakan sejak April lalu, saat beredar foto yang memperlihatkan salat Idul Fitri dengan saf campur antara jemaah perempuan dengan laki-laki. Kegiatannya dinilai tidak sesuai ajaran agama Islam dan pemimpin ponpes diduga lakukan tindak pidana.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...