Libur Panjang Idul Adha, Volume Kendaraan Menuju Jabotabek Naik 20%

Patricia Yashinta Desy Abigail
1 Juli 2023, 16:36
libur idul adha, jalan tol, volume kendaraan, jasa marga
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Pengendara mobil mengantre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Tol Jakarta - Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023).

Jelang berakhirnya libur panjang Idul Adha, volume kendaraan yang menuju arah Jabodetabek mulai meningkat. PT Jasa Marga Tbk (JSMR) mencatat 164.128 kendaraan masuk ke Jabotabek pada 1 Juli 2023. Volume tersebut naik 19,81% jika dibandingkan hari normal.

Tercatat mayoritas sebanyak 78.791 kendaraan atau 48,01% dari arah Timur, yaitu Trans Jawa dan Bandung. Selain itu, JSMR turut mencatat kedatangan sejumlah 45.683 kendaraan atau 27,83% dari arah Barat, yaitu Merak. Serta 39.654 kendaraan atau 24,16% dari arah Selatan, yaitu Puncak.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan hari pertama pasca Idul Adha persentase lalu lintas yang masuk ke Jabotabek tercatat lebih tinggi jika dibandingkan dengan lalu lintas yang keluar Jabotabek.

"Namun untuk lalin keluar Jabotabek juga masih ada peningkatan, tercatat sebanyak 171.470 kendaraan keluar Jabotabek, meningkat sebesar 10,61% dari lalu lintas normal," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (1/7).

Adapun total 164.128 kendaraan masuk ke Jabotabek merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama. Rinciannya, GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa), serta GT Kalihurip Utama dari arah Bandung.

Berikut rinciannya:

  • Arah Timur (Trans Jawa dan Bandung)
    - Lalu lintas (lalin) masuk ke Jabotabek dari arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dengan jumlah 38.079 kendaraan, naik sebesar 31,18% dari lalin normal.
    - Lalin masuk ke Jabotabek dari arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang, dengan jumlah 40.712 kendaraan. Angka ini naik sebesar 35,17% dari lalin normal. Total lalin masuk ke Jabotabek dari arah Trans Jawa dan Bandung melalui kedua GT tersebut yaitu 78.791 kendaraan, naik sebesar 33,21% dari lalin normal.
  • Arah Barat (Merak)
    Lalin masuk ke Jabotabek dari arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebanyak 45.683 kendaraan, lebih rendah 0,79% dari lalin normal.
  • Arah Selatan (Puncak)
    Sementara itu, lalin masuk ke Jabotabek dari arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sebanyak 39.654 kendaraan, naik 24,72% dari lalin normal.

Lisye mengatakan bahwa Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Serta memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, juga mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...