Bareskrim Panggil Panji Gumilang, Polemik Al Zaytun Diputus Pekan Ini

Ira Guslina Sufa
3 Juli 2023, 11:09
Bareskrim Polri
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.
Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang berjalan setibanya untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/6/2023).

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri memanggil pengasuh Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang hari ini, Senin (3/7). Bareskrim akan meminta klarifikasi mengenai sejumlah pernyataan Panji yang dinilai sebagian masyarakat meresahkan. 

"Yang bersangkutan (Panji Gumilang) kami undang jam 09.00-10.00 untuk klarifikasi," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol. Rahardjo Puro seperti dikutip dari Antara

Menurut Djuhandhani, Bareskrim telah melayangkan undangan klarifikasi kepada pengasuh Ponpes Al Zaytun  yang terletak di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat itu pekan lalu. Namun penyidik belum menerima konfirmasi terkait kehadiran Panji. 

Dalam penanganan kasus Ponpes Al Zaytun, kata Djuhandhani, penyidik memproses dengan cepat sesuai instruksi dari Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD. Bareskrim menerima dua laporan polisi terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan pengasuh Ponpes Al Zaytun.

Laporan pertama dilayangkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Forum Advokat Pembela Pancasila (DPP FAPP) terhadap Panji Gumilang, pada Jumat (23/6). Sedangkan laporan kedua diajukan Ken Setiawan dari NICC Center, Selasa (27/6).

Djuhandhani mengatakan kedua laporan polisi tersebut dijadikan satu dalam penanganannya. Kasus ini masih dalam tahap penyelidikan, Dittipidum Bareskrim Polri sudah memeriksa sejumlah pihak, di antaranya pelapor, beberapa ahli, dan saksi ahli di pihak MUI serta Kementerian Agama.

Menurut Djuhandhani proses pengusutan perkara Al Zaytun telah dilakukan dengan cepat. Setelah menerima laporan pada Selasa (27/6), tim penyidik langsung melakukan pemanggilan dan memeriksa saksi. 

“Karena sejak Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu itu libur. Enggak mungkin kami manggil di hari libur kan," kata Djuhandhani.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...