Top Stories: Masalah Haji saat Armuzna, 5 Program Ekonomi Prabowo

Aryo Widhy Wicaksono
3 Juli 2023, 12:01
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berbincang dengan Menteri Haji dan Umrah Saudi Taufiq F Al Rabiah di Mekah, Arab Saudi, Jumat (30/6/2023).
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berbincang dengan Menteri Haji dan Umrah Saudi Taufiq F Al Rabiah di Mekah, Arab Saudi, Jumat (30/6/2023).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Taufiq F Al Rabiah. Kepada Taufiq, Menag menyampaikan apresiasi atas bantuan dan berbagai kemudahan yang diterima jemaah haji Indonesia. Akan tetapi, Yaqut juga menyampaikan sejumlah masalah dalam pelaksanaan ibadah haji, khususnya saat Armuzna di Muzdalifah dan Mina.

Sebelum pertemuan ini, Yaqut menerima laporan mengenai jemaah haji Indonesia yang terlantar di Muzdalifah. Kabar yang beredar, banyak jemaah haji sampai tengah hari belum terangkut ke Mina.

Para jemaah haji yang sudah lelah, karena belum tidur sejak pemberangkatan dari Arafah, dipaksa kepanasan dan kehausan di bawah terik matahari ekstrem tanpa tempat berteduh dan pasokan logistik yang mencukupi.

Berita mengenai persoalan jemaah haji di Armuzna menjadi artikel yang memiliki minat baca tinggi atau Top Stories. Selain artikel mengenai haji, simak juga informasi mengenai aturan baru Elon Musk untuk pengguna Twitter, serta 5 program ekonomi terjangkau untuk rakyat dari Prabowo Subianto.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Di Balik Kacaunya Pelayanan Haji di Armuzna

Selama bertahun-tahun, kekhawatiran pemerintah Indonesia dalam pelaksanaan haji selalu ada di Armuzna. Kabar yang beredar, banyak jemaah haji yang hingga tengah hari belum juga terangkut ke Mina.

Para jemaah haji yang sudah lelah lantaran belum tidur sejak pemberangkatan dari Arafah, dipaksa kepanasan dan kehausan di bawah terik matahari yang ekstrim tanpa tempat berteduh dan pasokan logistik yang mencukupi.

Tim petugas Indonesia dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sebenarnya ada bersama jemaah. Namun, tanpa pasokan transportasi massal dan kiriman logistik dari penanggungjawab layanan Arab Saudi, mereka tidak dapat berbuat banyak. Yang bisa mereka lakukan adalah menjaga jangan sampai ada jemaah haji yang kolaps di tengah kondisi itu. Baru lewat tengah hari, mereka semua akhirnya bisa diberangkatkan ke Mina.

Tanpa menunggu waktu, Gus Menteri alias Gusmen, demikian Yaqut biasa disapa, berangkat bersama stafnya untuk bertemu dengan pimpinan Mushariq, perusahaan swasta Arab Saudi yang meneken kontrak dengan Pemerintah Indonesia untuk memberikan pelayanan logistik, transportasi, dan akomodasi jemaah haji Indonesia selama di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).

Simak alasan pelayanan haji menjadi kacau di Armuzna.

2. Elon Musk Batasi Jumlah Cuitan yang Bisa Dibaca Oleh Akun Twitter

Twitter akan membatasi berapa banyak cuitan per hari yang dapat dibaca oleh berbagai akun. Executive Chair Twitter, Elon Musk, mengatakan pembatasan itu dilakukan untuk mencegah "tingkat ekstrem" dari pengikisan data dan manipulasi sistem.

Hal itu disampaikan Elon Musk dalam cuitan di akun twitternya, Sabtu (1/7). "Untuk mengatasi pengikisan data dan manipulasi sistem tingkat ekstrem, kami telah menerapkan batasan sementara," tulisnya dikutip dari Reuters, Minggu (2/7).

Awalnya, Musk mengatakan akun Twitter terverifikasi dibatasi untuk membaca 6.000 posting sehari, akun tidak diverifikasi akan dibatasi hingga 600 posting sehari, sementara akun baru yang belum diverifikasi dibatasi hingga 300.

Kemudian Musk meralat cuitannya dengan unggahan baru. Dia mengatakan, batasan membaca kemudian ditingkatkan menjadi 10.000 posting per hari untuk pengguna terverifikasi, 1.000 posting per hari untuk tidak terverifikasi, dan 500 posting per hari untuk pengguna baru yang tidak terverifikasi.

Ketahui aturan baru Elon Musk untuk membatasi jumlah cuitan yang dapat dibaca pengguna.

3. Laba Bersih Arsy Buana Travelindo Naik 180% hingga Mei 2023

Perusahaan perjalanan wisata religi PT Arsy Buana Travelindo Tbk membukukan laba bersih Rp 16 miliar pada Januari hingga Mei 2023. Laba bersih tersebut naik 180% dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 5,7 miliar.

Perusahaan mengumumkan, kenaikan kinerja itu sejalan dengan normalisasi wisata religi, ibadah umrah dan haji ke Arab Saudi. Hingga Mei 2023, perseroan membukukan pendapatan Rp 181 miliar, naik 77 persen dibandingkan periode sama tahun lalu Rp 102 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...