Fase Pemulangan Jemaah Haji ke Tanah Air Dimulai

Amal Ihsan Hadian
4 Juli 2023, 17:11
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kanan) menyalami peserta ibadah haji kloter BTH 1 saat pelepasan di Hotel 310 Syisyah, Mekah, Arab Saudi, Senin (3/7/2023). Sebanyak 14 kloter akan diterbangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Azis,
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (kanan) menyalami peserta ibadah haji kloter BTH 1 saat pelepasan di Hotel 310 Syisyah, Mekah, Arab Saudi, Senin (3/7/2023). Sebanyak 14 kloter akan diterbangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah pada 4 Juli 2023.

Ritual puncak ibadah haji selesai pekan lalu. Penyelenggaraan ibadah haji 2023/1444 Hijriyah kini masuk fase pemulangan para jemaah haji ke Indonesia. Proses pemulangan jemaah haji gelombang pertama dimulai Senin (3/7) malam dan Selasa (4/7) dini hari waktu Arab Saudi via Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah. Ada 18 kelompok terbang (Kloter) yang berangkat di hari pertama.

Saat prosesi pelepasan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan permohonan maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam melayani jemaah selama di Tanah Suci. "Pasti ada kekurangan di sana sini. Saya mohon keikhlasan bapak-ibu sekalian memaafkan kami, memaafkan petugas-petugas kami atas segala kesalahan yang kami lakukan baik itu sengaja maupun tidak," ujar Yaqut saat melepas jemaah haji kelompok terbang 1 debarkasi Batam (BTH-1) di Mekah. "Kami mendoakan bapak-ibu sekalian pulang kembali ke Tanah Air dengan predikat haji mabrur".

Kelompok awal yang pulang ke Indonesia adalah jemaah haji dari BTH-1, JKS-1 (Kloter 1 embarkasi Jakarta-Bekasi), dan JKG-4 (Kloter 4 Jakarta-Pondok Gede) yang tiba hampir bersamaan Senin malan di bandara Jeddah. Selama menunggu penerbangan, jemaah diistirahatkan di sejumlah paviliun atau plaza yang ada di terminal haji dan mendapatkan paket nasi boks, buah, puding, dan air mineral.

Berat Koper Berlebih

Meski telah diingatkan soal batas berat koper, ternyata masih banyak jemaah haji yang membawa muatan melebihi ketentuan. Akibatnya, tidak sedikit jemaah yang terpaksa meninggalkan barangnya di bandara lantaran tidak lolos pemeriksaan saat hendak boarding ke pesawat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...