Jokowi Dorong Anak Muda Bermental Pembelajar Demi Hadapi 2030

Andrea Lidwina
5 Juli 2023, 18:27
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam agenda Inclusive Lifelong Learning Conference/ILLC di Bali, Rabu (5/7).
Katadata/Andrea Lidwina
Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam agenda Inclusive Lifelong Learning Conference/ILLC di Bali, Rabu (5/7).

Indonesia akan menghadapi bonus demografi atau komposisi penduduk usia produktif yang besar pada 2030. Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti pentingnya praktik pembelajaran seumur hidup (lifelong learning) di masa lonjakan demografi.

“Bonus demografi bisa menjadi peluang, tetapi ini juga bisa menjadi bencana jika kita tidak bisa mengelolanya,” kata Jokowi saat menutup Inclusive Lifelong Learning Conference/ILLC di Bali, Rabu (5/7).

ILLC diadakan antara Indonesia bersama Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB atau Unesco di Bali pada 3-6 Juli 2023.

Jokowi mendorong anak-anak muda mengadopsi praktik pembelajar seumur hidup. Sehingga, mereka dapat menjadi motor penggerak kemajuan di masyarakat Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pembelajaran seumur hidup penting bagi kemajuan ekonomi di Indonesia. Sebab, pembelajaran ini melanjutkan peningkatan keterampilan dan kemampuan kerja masyarakat di dalam negeri.

Dengan begitu, pembelajaran seumur hidup akan menyiapkan tenaga kerja untuk menghadapi dirupsi dan perubahan di masa depan yang terjadi kian cepat dengan waktu persiapan yang singkat.

“Digitalisasi, otomasi, dan transisi ekonomi hijau pasti akan menggeser kebutuhan keterampilan tenaga kerja,” kata Sri Mulyani yang hadir secara virtual dalam ILLC.

Pemerintah telah mendukung pembelajaran sepanjang hayat melalui beberapa program. Salah satunya, Program Kartu Prakerja yang memberikan beasiswa pelatihan bagi penduduk berusia 18-64 tahun. Program ini bertujuan mengembangkan kompetensi para peserta.

Prakerja juga melibatkan berbagai pihak dalam pelaksanaannya, yakni pemerintah, sektor swasta (portal penyedia kerja, marketplace, penyedia pelatihan, dan perbankan), serta masyarakat. Kerja sama ini lantas terintegrasi secara digital di platform Prakerja.

Halaman:
Reporter: Andrea Lidwina
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...