Gempa Magnitudo 5.0 Terjadi saat Jokowi Makan Siang di Jayapura

Andi M. Arief
7 Juli 2023, 14:07
jokowi, gempa, papua
ANTARA FOTO/Gusti Tanati/app/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan pertanyaan matematika kepada seorang siswa SD dalam audiensi Program Papua Pandai Berhitung di Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengumumkan terjadi gempa berkekuatan 5,0 magnitudo di Jayapura, Papua pukul 13.25 WIT. Pada saat yang sama, Presiden Joko Widodo dilaporkan sedang santap siang di rumah makan yang berlokasi di Jayapura.

BMKG mencatat pusat gempa berada di tengah laut atau 42 kilometer (Km) barat laut dari Kabupaten Jayapura dengan kedalaman 28 Km. BMKG mengatakan gempa tersebut dapat dirasakan hingga Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Meski demikian, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan gempa tersebut tak berdampak pada kegiatan Jokowi. 

"Tidak terasa ada gempa dan saat makan siang tidak ada yang merasakan juga," kata kepada wartawan, Jumat (7/7).

Bey melaporkan kondisi Presiden Jokowi kini dalam keadaan yang baik. Menurutnya, Kepala Negara tidak merasakan gempa tersebut.

Adapun, Jokowi santap siang bersama Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan Pj Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun.

Bey mengatakan Jokowi langsung melakukan agenda selanjutnya, yakni mengunjungi Pasar Pharaa di Kecamatan Sentani, Kabupaten Jayapura. Jokowi tampak tiba di lokasi sekitar pukul 14.50 WIT.

Jokowi direncanakan meninjau harga beberapa komoditas pangan di Pasar Pharaa. Di pasar tersebut, Kepala Negara berencana membagikan bantuan kepada para pedagang.

Kunjungan Jokowi di Papua akan diakhiri dengan meninjau Waibu Agro Ecotourism di Kabupaten Jayapura. Setelah itu, Jokowi akan langsung bertolak ke Jakarta melalui Bandara Internasional Sentani.


Reporter: Andi M. Arief

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...