Kronologi Penyebaran Antraks di Gunungkidul, Diusulkan jadi KLB

Ameidyo Daud Nasution
7 Juli 2023, 16:21
antraks, yogyakarta, ternak, klb
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc.
Tim Reaksi Cepat BPBD Gunungkidul melakukan penyemprotan dekontaminasi bakteri antraks di Padukuhan Jati, Candirejo, Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Jumat (7/7/2023).

Kasus penularan antraks muncul dan memakan tiga korban jiwa di Gunungkidul, Yogyakarta. Peristiwa ini diawali dengan kematian lima kali rangkaian kematian ternak dari Mei hingga Juni 2023.

Kasus menyebar saat seekor sapi yang telah tertular disembelih dan dibagikan ke warga untuk dikonsumsi. Seorang pasien berinisial WP, yang ikut dalam penyembelihan, sakit dan dirawat dengan keluhan gatal, bengkak, dan luka yang spesifik dengan antraks.

Tanggal 3 Juni, pasien dirujuk ke RSUP Sardjito dengan diagnosis. Namun, sehari kemudian, pasien tersebut meninggal dunia.

"Baru pada 2023 ini ada tiga kasus kematian akibat antraks di Indonesia," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes RI Imran Pambudi di Jakarta pada Kamis (6/7) dikutip dari Antara.

Untuk mencegah penularan, Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengirimkan nota dinas usulan penetapan status Kejadian Luar Biasa (KLB) untuk menekan penularan.

Dinkes beralasan penyebaran antraks bisa dikategorikan KLB juga mengacu Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 1501 tahun 2010.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...