Parameter Politik: Dukungan Jokowi Mengarah ke Prabowo

Syahrizal Sidik
9 Juli 2023, 13:28
Parameter Politik: Dukungan Jokowi Mengarah ke Prabowo
ANTARAFOTO | Puspa Perwitasari
Parameter Politik Indonesia menilai dukungan Presiden Jokowi pada Pemilihan Presiden 2024 mengarah kepada Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai dukungan Presiden Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2024 mengarah kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Sikap politik Jokowi belum sepenuhnya kepada Ganjar Pranowo karena apa pun pada saat yang bersamaan pendukung Prabowo Subianto dan Gerindra mengklaim pilihan politik Jokowi pada 2024 mengarah kepada Prabowo," kata Adi, seperti dikutip dari Antara, Minggu (9/7).

Selain itu, Adi menilai, kedekatan Jokowi dan Prabowo dalam beberapa waktu belakangan ini juga turut mengerek elektabilitas Prabowo. "Itu yang menjelaskan kenapa elektabilitas Prabowo Subianto relatif naik sekarang begitu ketat dengan Ganjar Pranowo," ujarnya.

Adi menyebut, elektabilitas Prabowo Subianto yang meningkat belakangan ini merupakan berkah politik dari kemesraan dan kedekatan Menteri Pertahanan tersebut dengan Jokowi.

Apabila situasi ini terus terjadi hingga Februari 2024, Adi menilai akan ada pengaruh negatif terhadap Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan. "Yang dirugikan tentu Ganjar Pranowo tentu PDIP, karena dianggap Jokowi itu tidak sepenuhnya ke PDIP dan Ganjar Pranowo," ucapnya.

Survei yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO) pada 5 hingga 13 Juni 2023 menyebut Prabowo Subianto menduduki peringkat pertama dalam simulasi tiga nama capres dengan raihan elektabilitas mencapai 37,2%

Anies Baswedan menyusul di urutan kedua dengan meraih dukungan mencapai 31,5% dan diikuti Ganjar Pranowo yang meraup suara 26,8%. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...