Moeldoko: Isu Al Zaytun Selalu Ramai Setiap Menjelang Pemilu

Andi M. Arief
13 Juli 2023, 14:27
moeldoko, al zaytun, pesantren
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko menjawab pertanyaan pembawa acara Podcast Antara Afut Syafril Nursyirwan di kediaman Moeldoko di Menteng, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko menepis isu hubungan dirinya dan Pondok Pesantren Al Zaytun. Moeldoko mengarahkan semua pihak agar tidak mempolitisasi pondok pesantren.

Moeldoko menyatakan setiap orang memiliki hak politiknya masing-masing. Walau demikian, menurutnya, hak politik tersebut tidak boleh digunakan untuk mempolitisasi pondok pesantren, dalam hal ini Ponpes Al Zaytun.

"Sapapun bisa mendekati Al-Zaytun, termasuk partai politik. Tapi jangan dipolitisasi. Al Zaytun ini setiap mau Pemilu ribut terus," kata Moeldoko di kantornya, Kamis (13/7).

Moeldoko juga menepis tudingan oleh Pendiri Yayasan Pesantren Indonesia Imam Supriyanto. Imam menyatakan Moeldoko sebagai pihak yang menghubungkan Pimpinan Al Zaytun Panji Gumilang dengan Mabes Polri hingga partai politik.

Menanggapi hal tersebut Moeldoko mengatakan bahwa omongan Imam tidak bisa dipercaya. Pasalnya, Imam menyampaikan yang diomongkan Supriyanto tidak seperti kenyataan.

"Pak Imam ini salah minum obat atau sudah mulai pikun. Jadi, omongannya enggak bisa dipercaya," kata Moeldoko.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...