Di Depan para Wali Kota, Ganjar Bicara Prioritasnya Berantas Korupsi

Ameidyo Daud Nasution
13 Juli 2023, 20:25
ganjar, ganjar pranowo, korupsi
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras.
Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo (tengah) bersalaman dengan warga saat bersafari politik di perkampungan padat penduduk di Pademangan, Jakarta, Minggu (25/6/2023).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hari ini menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah kota Seluruh Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Ganjar memaparkan seluruh rencana dan capaian dia dalam pemerintahan.

Ganjar mengatakan dirinya memiliki fokus untuk memberantas korupsi. Ia menjelaskan permasalahan ini telah menjadi fokusnya sejak awal menjabat di Jateng.

"Yang diminta masyarakat pemerintah itu bersih dan melayani. Jika diterjemahkan lagi ada transparansi serta akuntabilitas," kata Ganjar dalam Rakernas Apeksi di Makassar, Kamis (13/7) seperti disiarkan Kompas TV

Salah satu yang telah dilakukan di Jateng adalah digitalisasi sistem birokrasi. Ganjar mengatakan dirinya memiliki platform untuk mengetahui respons bawahannya terhadap aduan masyarakat.

"Harus direspons dalam 1x24 jam. Kalau tidak, berarti ada masalah," katanya.

Ganjar juga mewajibkan seluruh perangkat daerah Jateng memiliki media sosial yang terverifikasi. Hal ini penting untuk memberitahukan hasil kerja mereka kepada masyarakat.

Ganjar juga menjelaskan inovasi lain yang dilakukan Jateng. Salah satunya memerintahkan seluruh kepala dinas berkomunikasi dan mengantongi nomor telpon para duta besar.

Tujuannya, agar Jateng bisa membuka ekspor lebih luas, terutama ke pasar non tradisional. "Kita biasa dengan Amerika Serikat, Eropa, Cina, kenapa tidak mencoba ke Afrika," katanya.

Berkaitan investasi, Ganjar mengatakan Jateng telah memiliki percontohan yakni Kawasan Industri Batang. Meski demikian, pengembangan kawasan tersebut sempat terkendala masalah sumber daya manusia.

"Maka sudah kami siapkan sekolah vokasi. Itu simpel namun perlu contoh," katanya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...