Pemilu.AI jadi Platform Berbasis Kecerdasan untuk Kampanye Caleg

Ade Rosman
20 Juli 2023, 16:32
Caleg hadapi pemilu
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
Petugas KPU Provinsi NTB membacakan daftar pemilih saat rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (2/7/2023).

Platform berbasis kecerdasan buatan generatif atau artificial inteligence mulai diperkenalkan menyambut pemilu 2024 mendatang. Platform yang diberi nama Pemilu.AI itu hadir untuk membantu para calon legislatif di tingkat DPR maupun DPRD provinsi atau kabupaten dan kota untuk berkampanye. 

Founders Pemilu.AI Yose Rizal mengatakan kehadiran platform nantinya akan menjadi konsultan politik profesional. Platform ini mengkombinasikan data-data caleg dengan konstituen di dapilnya. 

“Akan ada data demografi, politik, sosial ekonomi, media online, sosial media, harga bahan pokok dan sebagainya,” ujar Yose dalam peluncuran platform yang berlangsung di Jakarta, Kamis (20/7).

Menurut Yose data yang dikombinasikan dalam platform disediakan untuk menghasilkan kampanye yang microtargeting dan personal untuk tiap caleg. Ia pun mengatakan, Pemilu.AI juga memberikan informasi yang komprehensif dari sebaran target suara pemilih dapil di tingkat DPR RI hingga DPRD tingkat kabupaten/kota, juga memberikan rekomendasi komunikasi ke masyarakat.

“Dengan satu klik, para caleg bisa mendapatkan wilayah sasaran target suaranya, dengan satu klik bisa mendapat strateginya, dengan satu klik bisa mendapatkan rekomendasi komunikasinya,” kata Yose.

Pada kesempatan yang sama, CEO Pemilu.AI, Luky Djani berharap platform tersebut dapat memberikan kesempatan yang sama bagi para caleg dalam mensosialisasikan program kepada masyarakat. Dengan begitu diharapkan akan tercipta Pemilu yang berintegritas dan setara.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...