Hasil Blusukan, Jokowi Akan Tambah Perbaikan Jalan Rusak di Bengkulu

Andi M. Arief
21 Juli 2023, 15:51
jokowi, jalan, bengkulu
Antara
Presiden Joko Widodo saat meninjau jalan di Bengkulu, Jumat (21/7). Foto: Antara.

Presiden Joko Widodo telah mengucurkan Rp 327 miliar untuk perbaikan jalan di Provinsi Bengkulu. Seluruh anggaran pemerintah pusat tersebut akan digunakan untuk memperbaiki delapan ruas jalan.

Walau demikian, Jokowi berpotensi menambah jumlah ruas yang diperbaiki di Bengkulu. Pasalnya, Kepala Negara mengakui masih banyak jalan rusak saat melakukan kunjungan di Bumi Rafflesia sejak Rabu (19/7).

"Jalan nasional yang masih rusak itu 10%, jalan provinsi kira-kira 40% yang belum mantap, jalan kabupaten juga sama 40%," kata Jokowi dalam keterangan resmi, Jumat (21/7).

Perbaikan jalan tersebut dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan intervensi perbaikan dilakukan di provinsi lain.  

Perbaikan jalan daerah tersebut tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Pemerintah akan memperbaiki jalan di 32 provinsi yang terdiri dari 572 ruas jalan sepanjang 2.873 kilometer dan jembatan sepanjang 3.63 meter.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...