Jokowi Panggil Menkominfo Budi Arie ke Istana, Minta Kebut Proyek BTS

Andi M. Arief
25 Juli 2023, 16:43
jokowi, budi arie setiadi, bts
kemendesa.go.id
Profil Budi Arie Setiadi

Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi ke Istana hari ini. Budi melaporkan progres proyek Base Transceiver Station atau BTS 4G periode 2020-2022 yang sempat terganjal masalah hukum. 

Budi juga mengabarkan hasil koordinasinya dengan Kejaksaan Agung kepada Jokowi. Hal tersebut penting sebelum pemerintah melanjutkan proyek telekomunikasi trrsebut.

"Pak Presiden memerintahkan saya serius menuntaskan penyelesaian proyek BTS," kata Budi di Istana Kepresidenan, Selasa (25/7). 

Budi juga berjanji kepada Jokowi untuk menyelesaikan proyek BTS tahun ini. Ia optimistis proyek tersebut dapat rampung tanpa ada dana tambahan dari negara.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan total BTS yang berdiri pada 2020-2022 adalah 1.200 unit dengan anggaran mencapai Rp 11 triliun. Akan tetapi, proyek tersebut mangkrak lantaran kasus yang diduga melibatkan Mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate bersama tujuh orang lainnya.

"Optimistis lah bisa selesai dengan kerja sama kami dengan BAKTI, Kejaksaan Agung, BPKP, TNI, dan Polri," kata Budi Arie.

Pemerintah menargetkan pembangunan BTS dalam proyek tersebut dapat mencapai 6.000 unit pada 2024. Sebelumnya, pemerintah telah menargetkan pembangunan BTS tahap II sebanyak 4.800 unit pada Desember 2021 hingga Maret 2023.

Akan tetapi, kasus korupsi tersebut membuat total menara BTS yang benar-benar terbangun hanya 985 unit. Alhasil, negara ditaksir mengalami kerugian hingga Rp 8,32 triliun akibat kejahatan tersebut.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...