Top News: Mandiri Saingi Produk Decacorn, Adu Cepat Internet di RI

Aryo Widhy Wicaksono
27 Juli 2023, 05:55
Ilustrasi aplikasi Livin by Mandiri
Bank Mandiri
Ilustrasi aplikasi Livin by Mandiri

Bank Mandiri menambahkan beragam layanan melalui aplikasi super alias superapps Livin by Mandiri. Melalui tambahan fitur pada aplikasi mereka, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini semakin menyaingi decacorn seperti GoTo Gojek Tokopedia hingga Shopee.

Terbaru, Bank Mandiri meluncurkan aplikasi Livin Merchant pada 12 Juni 2023 lalu. Layanan tersebut merupakan aplikasi kasir atau point of sales (POS).

Selain aplikasi kasir ini, masih terdapat beberapa layanan lain yang memiliki irisan dengan fitur beragam startup.

Berita mengenai layanan superapps Livin by Mandiri, menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain artikel ini, simak juga berita mengenai peluncuran GoPay, hingga perbandingan kecepatan internet dari operator seluler yang ada di Indonesia.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Bank Mandiri Makin Saingi GoTo Gojek hingga Shopee

Bank Mandiri meluncurkan aplikasi Livin Merchant pada 12 Juni. "Sudah 500 ribu pengguna dalam sebulan. Tinggi ini," kata Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto kepada Katadata.co.id di sela-sela acara ABF Retail Banking Awards 2023 di Marina Bay Sands Expo & Convention Center, Singapura, Selasa (25/7).

Livin Merchant merupakan aplikasi kasir atau Point of Sales (POS). Ini artinya, Bank Mandiri bersaing dengan startup seperti Majoo maupun Moka milik GoTo Gojek Tokopedia.

Selain itu, pedagang bisa membuka toko online. Sebab ada beberapa fitur di dalam aplikasi Livin Merchant seperti:

  • Pendaftaran toko online to offline alias O2O
  • Katalog produk yang bisa dibagikan via WhatsApp
  • Beragam metode pembayaran

Itu artinya, Bank Mandiri bersaing dengan GoFood, ShopeeFood, layanan warung digital Mitra Bukalapak milik Bukalapak, maupun Mitra Tokopedia.

Di samping itu, Bank Mandiri memiliki aplikasi Livin by Mandiri. Aquarius menyampaikan, superapp ini menggaet 19,5 juta pengguna. "Sebanyak 17 juta pengguna aktif," ujar Aquarius.

Simak penjelasan mengenai fitur baru pada Livin by Mandiri yang membuat Bank Mandiri semakin saingi GoTo Gojek hingga Shopee.

2. Dirilis Hari Ini, Berikut Alasan Gojek Buat Aplikasi GoPay Terpisah

Aplikasi GoPay telah resmi meluncur pada Rabu (26/7). Tetapi, apa alasan Gojek membuat platform GoPay secara terpisah?

GoTo Gojek Tokopedia sebenarnya sudah meluncurkan aplikasi GoPay Versi Perdana di Google Play Store sejak 21 Maret 2023 lalu. Namun deskripsi di Google Play Store menjelaskan bahwa aplikasi GoPay ini baru tersedia di beberapa kota.

Head of Corporate Affairs GoTo Financial Audrey Petriny menyampaikan, aplikasi GoPay yang tersedia di Google Play Store dan App Store merupakan versi perdana dan akan terus dikembangkan.

Head of Regulatory and Public Affairs at GoTo Financial, Budi Gandasoebrata, menyebut penggunaan GoPay mayoritas oleh masyarakat segmen menengah atas. Mereka berdomisili di wilayah dengan mobilitas yang sangat tinggi, sehingga membutuhkan efektivitas termasuk dalam hal pembayaran.

Masyarakat di kalangan menengah atas juga memiliki budaya cashless alias bertransaksi nontunai. Hal ini tidak dapat disamakan dengan daerah lain di luar kota-kota besar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...