Silaturahmi Politik, Prabowo Sambangi Markas PSI Sore Ini

Ade Rosman
2 Agustus 2023, 11:18
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha (tengah), Wakil Ketua Dewan Pembina Grace Natalie (kiri) dan Sekretaris Dewan Pembina Raja Juli Antoni (kanan) berjalan meninggalkan ruangan usai menyerahkan berkas pendaftaran partai politik ca
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/YU
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha (tengah), Wakil Ketua Dewan Pembina Grace Natalie (kiri) dan Sekretaris Dewan Pembina Raja Juli Antoni (kanan) berjalan meninggalkan ruangan usai menyerahkan berkas pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024 di gedung KPU, Jakarta, Rabu (10/8/2022). PSI secara resmi mendaftarkan diri sebagai salah satu calon partai peserta Pemilu 2024 ke KPU.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akan menyambangi Kantor DPP Partai Solidaritas Indonesia di Jakarta Pusat, Rabu (2/8). Sekretaris Jenderal PSI Isyana Bagoes Oka mengkonfirmasi rencana kunjungan tersebut.

"Prabowo dan rombongan DPP Partai Gerindra akan bersilaturahim ke Basecamp DPP PSI," kata Isyana dalam keterangan yang dikutip Rabu (2/8).

Meski begitu Isyana tak menjalaskan pembahasan apa yang akan dibicarakan dengan Prabowo. Terlebih saat ini Prabowo tengah rajin membangun komunikasi politik untuk mendukungnya maju di pilpres. 

Terkait manuver jelang Pilpres 2024 PSI sebelumnya pernah menyatakan dukungan terhadap bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ganjar Pranowo. Namun saat itu Ganjar belum resmi diusung oleh PDIP. 

“Dari hasil Rembuk Rakyat, kami mengumumkan bahwa PSI akan mencalonkan pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024. Sejak awal Pak Ganjar, atau lebih akrab kami panggil Mas Ganjar unggul dari kandidat lainnya,” kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie saat itu. 

Menurutnya, berdasarkan penilaian PSI, Ganjar dikenal sebagai sosok yang merakyat serta mengerti aspirasi kaum muda. Sikap PSI mendukung Ganjar kendor setelah Gubernur Jawa Tengah itu ditetapkan secara resmi menjadi capres dari PDIP justru mengendur. Hingga kini PSI belum mengumumkan dukungan resmi. 

Partai Gerindra sendiri saat ini tengah berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Teranyar, dukungan untuk Prabowo pun bertambah dari Partai Bulan Bintang yang secara resmi mendeklarasikan dukungan untuknya berlaga sebagai capres 2024. 

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...